Warna Air Radiator Motor Tidak Mempengaruhi Kualitas, Ini Fakta

Warna air radiator motor kini memiliki varian. Umumnya ada dua pilihan warna yaitu merah dan hijau. Kalau dilihat dari warnanya saja sudah berbeda, apakah ada perbedaan lain di antara keduanya? Simak penjelasan berikut ini.

Sepeda motor memang hadir dengan berbagai tipe yang menarik dan terbaru. Bahkan, berbagai perusahaan otomotif telah berhasil memberikan inovasi untuk menarik konsumen dengan cepat.

Seperti yang terjadi saat ini, ada jenis kendaraan yang menggunakan air radiator. Pemilik sepeda motor umumnya mengganti air radiator sesuai dengan warna bawaannya.

Misalnya untuk sepeda motor dari perusahaan Yamaha identik dengan warna hijau. Sedangkan untuk perusahaan Honda identik dengan radiator air berwarna merah.

Dilihat dari keduanya, terlihat jelas berbeda dari segi warna. Namun apakah warna air radiator memiliki perbedaan yang signifikan?

Baca juga: Efek Radiator Motor Bocor, Kenali Gejalanya Sebelum Timbul Masalah

Perbedaan Warna Air Radiator Sepeda Motor Hijau dan Merah

Untuk beberapa jenis kendaraan roda dua, air radiator merupakan komponen yang penting. Karena perannya yang cukup penting, membuat pemilik kendaraan harus menggantinya dengan tepat.

Memberi warna pada air radiator memiliki fungsi yang berbeda-beda. Selain sebagai identitas pabrik, pemberian warna-warna tersebut ternyata memiliki peran vital.

Para pemilik sepeda motor yang dilengkapi dengan air radiator pasti sudah tidak asing lagi dengan warna hijau atau merah. Cairan yang juga dikenal sebagai pendingin radiator RC ini memiliki fungsi tersendiri.

Komponen ini mampu mendinginkan mesin dengan cepat. Seperti ulasan di atas, setiap pabrikan sepeda motor menggunakan air radiator dengan warna yang berbeda-beda.

Ada merah dan hijau. Kedua warna tersebut memang sengaja dipilih oleh setiap perusahaan otomotif.

Baca juga: Cara Cek Radiator Motor Bekas, Ini yang Wajib Diperhatikan!

Warna Air Radiator Memiliki Peran Yang Sama

Seperti yang Anda ketahui dari awal, warna air radiator sepeda motor memang berbeda di pasaran. Pada umumnya komponen ini memiliki warna merah atau hijau.

Baca Juga :  Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Ulang, Baca Sebelum Terlambat!

Meski ada perbedaan warna, keduanya memiliki kelebihan yang sama. Bahkan masyarakat membedakannya dari segi harga.

Harga memiliki peran untuk menentukan baik tidaknya kualitas air radiator. Air radiator dengan harga diatas Rp. 70 ribu pasti kualitasnya bagus. Namun jika harganya di bawah itu, maka Anda perlu curiga.

Mungkin air radiator bisa menimbulkan masalah pada kendaraan. Air radiator memiliki harga yang cukup mahal, bukan tanpa alasan.

Air radiator terdiri dari berbagai bahan kimia yang menghabiskan banyak uang. Meski terdiri dari beberapa bahan kimia, air radiator tidak memiliki spektrum warna yang khas.

Warna pada air radiator tercipta karena pabrikan yang melakukannya. Warna air radiator hanya berguna untuk tujuan estetika. Untuk itu, dari segi warna tidak bisa menentukan kualitas air radiator.

Peran Penting Air Radiator

Air radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin saat berkendara. Hal ini membantu sirkulasi udara di dalam mesin, sehingga dapat mencapai suhu ideal lebih cepat.

Karena jika mesin motor terlalu panas akan menyebabkan menjadi terlalu panas. Akhirnya sepeda motor mogok di tengah jalan secara tiba-tiba.

Menurunkan suhu pada mesin sebenarnya bisa menggunakan air biasa. Namun, penggunaan air radiator lebih baik daripada air. Air yang mengandung mineral alkali dan asam dapat menyebabkan kerak pada radiator.

Sifatnya yang asam adalah pemicunya. Lain halnya jika menggunakan RC padahal warna air radiator motor berbeda. Air radiator ini terbuat dari air murni anti karat dan glikol.

Glikol adalah kunci bagus tidaknya kualitas air radiator. Peran glikol itu sendiri adalah untuk menaikkan titik didih air dan menurunkan titik bekunya.

Fungsinya tidak hanya untuk mendinginkan suhu, tetapi untuk memperpanjang titik didih air hingga suhu mesin stabil.

Baca Juga :  Ciri Fuel Pump Motor Lemah Terdengar Dengungan dan Indikator Lampu

Fitur Air Radiator yang Baik

Mengingat fungsinya yang penting, tentunya Anda harus bisa menentukan air radiator yang terbaik. Ada dua cara yang bisa Anda gunakan saat memilihnya.

Pastikan air radiator mengandung glikol yang memiliki fungsi vital. Sedangkan untuk cara kedua, pilih produk dengan kandungan konsentrat yang cukup.

Untuk itu, jangan hanya menilai dari warna air radiator motor. Namun Anda juga perlu memperhatikan kandungan dan harganya. (R10/HR Online)