Samping Motor Ukuran Standar, Begini Cara Merawatnya Agar Lebih Awet!

Ukuran standar samping sepeda motor untuk setiap jenis kendaraan akan berbeda walaupun fungsinya sama yaitu agar kendaraan bermotor dapat berdiri. Namun pada dasarnya sepeda motor akan memiliki dua tipe standar yaitu standar samping dan standar tengah.

Namun, kedua jenis standar tersebut juga memiliki fungsi yang hampir sama dan hanya perlu disesuaikan dengan keinginan pengguna. Namun, banyak orang lebih suka menggunakan sisi standar karena lebih cepat dan lebih mudah.

Baca juga: Standar Sepeda Motor Terlalu Miring, Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Ukuran Sisi Motor Standar di Berbagai Kendaraan

Ada dua tipe standar pada motor, namun keduanya juga memiliki fungsi yang sama. Namun sebagian besar pengguna lebih sering menggunakan sisi standar karena kepraktisan dan kemudahan penggunaan.

Namun, pengguna juga harus memahami bahwa standar samping akan mudah rusak jika tidak ada perawatan. Namun bukan berarti standar jenis ini juga berbahaya, akan tetap aman jika Anda tahu cara menggunakannya.

Sedangkan ukuran tiap kendaraan juga berbeda-beda sehingga harus disesuaikan. Bagi Anda yang ingin standar tersebut awet dan tahan lama, Anda perlu memperhatikan tips berikut ini.

Baca juga: Cara Memilih Ban Motor yang Tepat Sesuai Kebutuhan Kendaraan

Memasang Penyangga Sepatu

Dari masing-masing ukuran standar samping motor, cara merawat tips yang pertama adalah dengan memasangnya sepatu kickstand. Hal ini sebagai alas tambahan agar dapat mendistribusikan bobot kendaraan agar lebih menyebar.

Bahkan cara ini juga akan membuat sepeda motor Anda akan selalu aman meski ditunjang dengan standar samping. Nah, dengan menggunakan sepatu kickstand maka side stand anda akan lebih lebar dan dapat memberikan kekuatan ekstra.

Mengganti Shockbreaker

Cara kedua untuk merawatnya adalah dengan mengganti shockbreaker ke ukuran yang lebih tinggi. Sebab, hal seperti ini bisa membuat posisi samping Anda lebih tegak dan mengurangi potensi kendaraan terjatuh.

Baca Juga :  Oli Gardan Motor Matic, Ini Fungsi dan Waktu yang Tepat untuk Mengganti

Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi jika memarkir motor menggunakan side stand.

Mengganti Ban

Ukuran standar samping sepeda motor agar lebih awet, maka Anda juga bisa mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar. Sehingga bagian samping motor bisa lebih tegak dan anda tidak perlu khawatir saat motor terjatuh.

Baca juga: Ban Motor Terbaik dan Berkualitas untuk Berbagai Aktivitas

Perlu diketahui juga, penggunaan standar samping juga sepertinya berdampak pada suspensi di sisi kiri yang semakin berat.

Sehingga membuat shockbreaker menjadi lebih cepat rusak karena cenderung ke satu sisi. Belum lagi kalau waktu parkir dengan sisi standar saat sepeda motor ditempati, cukup berbahaya juga.

Tak hanya itu, ban juga bisa mengalami penurunan kualitas. Jika Anda sering menggunakan ukuran standar samping sepeda motor untuk memarkir sepeda motor, sebaiknya hindari. Oleh karena itu solusinya adalah bisa menggunakan standar tengah saat memarkir motor. (R10/HR-Online)