Tips mudik dengan motor agar tetap aman, hal-hal penting ini harus kamu lakukan

Tips mudik dengan sepeda motor perlu dipahami bagi yang ingin berkunjung ke kampung halaman. Anda harus melakukan ini agar dapat tiba di tempat tujuan dengan selamat.

Sebentar lagi hari raya umat Islam atau Idul Fitri akan segera tiba. Kebiasaan para perantau adalah pulang berbondong-bondong atau pulang kampung.

Hal ini identik dengan kebiasaan yang ada di masyarakat Indonesia. Ada yang pulang naik angkot, mobil, bahkan sepeda motor.

Beberapa orang memilih menggunakan sepeda motor dengan berbagai alasan. Selain murah dan tidak rawan macet, tentunya akan efisien dari segi waktu dan keuangan.

Tapi untuk pulang naik motor jangan asal bawa saja. Gunakan tips mudik dengan sepeda motor agar tetap aman sampai tujuan.

Padahal, risiko kecelakaan atau hal buruk yang tidak diinginkan semakin kecil. Menjaga keselamatan berkendara merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat mudik.

Apalagi saat mudik, perjalanan akan memakan waktu lama dan kendaraan di jalan akan cukup ramai. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mudik menggunakan sepeda motor.

Baca juga: Lampu Depan Motor Mika Buram, Sebaiknya Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Tips mudik dengan motor sesuai peraturan pemerintah

Mudik dengan sepeda motor sudah dilakukan oleh banyak orang sejak lama. Namun, jika Anda salah satu traveller yang berencana menggunakan sepeda motor, perlu persiapan yang matang.

Ada baiknya mempersiapkan dari awal dari segi kendaraan hingga pengemudi. Dengan persiapan yang matang, perjalanan mudik akan jauh lebih nyaman.

Jika kondisi bodi fit dan kendaraan prima, risiko masalah di jalan akan jauh berkurang. Apalagi dalam perjalanan kita tidak bisa mengetahui kondisi yang akan terjadi.

Baca Juga :  Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Ulang, Baca Sebelum Terlambat!

Dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, perjalanan mudik akan jauh lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda termasuk orang yang ingin mudik menggunakan sepeda motor. Jangan anggap enteng, karena akibatnya akan cukup merepotkan Anda di perjalanan.

Periksa kondisi sepeda motor secara menyeluruh

Tips mudik dengan motor dulu tentunya wajib cek kendaraan.

Pastikan semua komponen berfungsi dengan baik. Bahkan kondisi oli dan sistem kelistrikan juga berfungsi dengan baik.

Lakukan pemeriksaan menyeluruh kurang lebih satu minggu sebelum pulang. Cek juga kelengkapan berkendara agar tidak kena tilang atau masalah dalam perjalanan.

Perhatikan bagian keselamatan atau sistem rem pada motor, penggerak, dan kaca spion. Anda harus memperhatikan semua komponen, baik dari interior maupun eksterior.

Dengan begitu, perjalanan mudik akan jauh lebih aman dan lancar tanpa hambatan apapun.

Baca juga: Cara Cek Kabel Body Motor Rusak dengan Langkah-Langkah Berikut!

Rencana perjalanan

Merencanakan perjalanan mudik juga menjadi salah satu bagian dari tips mudik dengan sepeda motor. Merencanakan perjalanan mudik, seperti mencari jalan yang benar dan membawa barang-barang yang tidak berlebihan, juga harus dipersiapkan sejak awal.

Dengan mengetahui rute perjalanan yang tepat, Anda akan terhindar dari kemacetan dan kondisi lainnya. Apalagi, para pelancong biasanya membawa lebih banyak kargo saat bepergian.

Sebaiknya rencanakan untuk hanya membawa barang-barang yang Anda butuhkan. Selain mengganggu keseimbangan berkendara, juga menurunkan performa kendaraan.

Anda harus bisa menentukan rute alternatif yang tepat dengan barang yang cukup untuk sampai ke tempat tujuan dalam waktu singkat. Jika Anda nyaman mengemudi, itu juga akan jauh lebih aman.

Kenakan Jaket Pelindung

Saat hendak pulang, tentunya Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Gunakan tips mudik naik motor sesuai aturan.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Rumah Matic Roller Rusak Penting untuk Diketahui, Pemula Wajib Tahu!

Beberapa bahkan menghabiskan malam di jalan. Untuk menjaga tubuh tetap fit selama perjalanan, sebaiknya gunakan jaket.

Baik pengendara maupun pembonceng, sebaiknya menggunakan jaket yang tebal. Dengan memakainya dapat melindungi tubuh dari angin dan matahari saat bepergian.

Usahakan juga memakai celana yang lebih simpel, namun tetap aman.

Baca juga: Cara Mengerem Motor Kopling dengan Aman saat Belokan

Pakai Helm

Banyak pengendara yang sering mengabaikan peran helm. Padahal komponen yang satu ini merupakan pelindung saat mengendarai sepeda motor.

Ada banyak model helm di pasaran. Salah satunya adalah helm wajah penuhwalaupun berat tapi akan mampu melindungi kepala dan wajah secara menyeluruh.

Meski terasa berat, helm wajah penuh mampu memberikan tingkat keamanan yang cukup baik. Untuk itu, pakailah helm sebagai tips mudik dengan sepeda motor, agar berkendara jauh lebih aman. (R10/HR-Online)