Penyebab Gas Motor Susah Turun dan Cara Mengatasinya

Penyebab gas motor susah turun bisa diakibatkan karena beberapa faktor. Sebaiknya Anda tahu penyebabnya untuk dapat mengatasi secara tepat

Tidak sedikit pemilik sepeda motor yang mengalami berbagai masalah saat berkendara. Hal ini juga bisa terjadi di mana saja. Seperti saat gas motor yang tidak mau turun.

Ketika gas normal, namun ketika melepasnya maka RPM mesin terlambat turun. Jika terjadi masalah ini jangan panik, segera cari tahu penyebab hingga cara untuk mengatasinya.

Penyebab gas motor susah turun bisa membantu Anda tahu untuk mengetahui solusi yang tepat. Ketika gas motor Anda lepas, maka lubang intake akan secara otomatis kembali pada posisi minimum.

Hal ini akan membuat RPM mesin seharusnya merendah. Namun seringkali hal ini tidak dapat dilakukan secara normal.

Sering terjadi juga justru setelah melepas gas, namun gas motor telat turun. Hal ini jangan Anda aanggap sepele. Segera cari tahu penyebabnya.

Baca Juga: Cara Menarik Gas Motor yang Benar Saat Berada di Jalan Raya

Berbagai Penyebab Gas Motor Susah Turun

Secara tiba-tiba tarikan gas terasa lambat turun meski gas sepenuhnya Anda lepas. Jika Anda dalam kondisi berada dijalan yang padat atau macet, pasti akan mengakibatkan bahaya.

Risiko kecelakaan pun bisa dengan mudah Anda alami. Hal ini karena posisi gas terlalu tinggi, mengakibatkan kendaraan tidak bisa melaju rendah. Anda harus menekan rem dengan tiba-tiba.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan masalah ini terjadi. Sebagai pemilik sepeda motor ada baiknya untuk segera melakukan pengecekan.

Berikut ini ada beberapa faktor penyebab gas motor susah turun.

Pegas Skep yang Lemah

Salah satu penyebab gas motor susah turun bisa karena pegas skep yang melemah. Pegas memiliki peran untuk mendorong skep agar kembali turun ketika melepasnya.

Baca Juga :  Samping Motor Ukuran Standar, Begini Cara Merawatnya Agar Lebih Awet!

Posisi pegas berada pada bagian atas skep, sehingga saat gas Anda tarik pegas akan mendapatkan tekanan. Namun saat gas terlepas akan meregang sesuai dengan kekuatannya sendiri.

Jika pegas dalam kondisi baik, maka akan meregang dengan cepat saat itu juga. RPM yang responsif saat kondisinya masih prima.

Berbeda dengan pegas yang melemah mengakibatkan RPM mesin cenderung telat turun saat gas terlepas. Jika kondisinya semakin parah, ada baiknya untuk mengganti komponen pegas skep.

Baca Juga: Cara Memasang Tali Gas Motor, Lakukan dengan Langkah Berurutan

Tali Gas Berkarat atau Kotor

Mengatasi masalah tentu harus Anda mulai dengan mengetahui penyebabnya.

Salah satunya yaitu adanya kotoran atau selang rem yang berkarat sebagai penyebab gas motor susah turun. Tali gas terbungkus oleh selang isolator yang keras.

Meski kondisi antara handle gas dan letak antara karburator tidak segaris, namun tetap berfungsi dengan normal. Biasanya kondisi ini mengakibatkan ada karat dalam tali gas.

Kawat yang digunakan tersebut terbuat dari bahan dasar logam. Jika karat menjadi penyebabnya, maka mengakibatkan pergerakan tali gas terganggu.

Sehingga ketika gas Anda tarik akan terasa berat bahkan saat dilepaskan juga.

Gas motor akan cenderung tertahan. Anda bisa mengatasi karat tersebut dengan pelumas.

Silahkan lepas tali gas dan memasukkan pelumas ke dalamnya. Gerakkan tali gas hingga bisa berfungsi kembali.

Skep Baret

Komponen berbentuk tabung pada sepeda motor disebut dengan skep.

Fungsi dari komponen ini yaitu sebagai pengatur lubang udara dalam intake. Saat gas tidak tertarik maka posisinya tetap berada di bawah.

Sedangkan ketika gas Anda tarik maka skep naik, sehingga lubang akan membesar.

Saat gas Anda lepas maka skep akan kembali turun. Posisi skep yang tersangkut akan sulit untuk turun.

Baca Juga :  Ciri Fuel Pump Motor Lemah Terdengar Dengungan dan Indikator Lampu

Sehingga hasil dari RPM mesin tidak akan menyentuh bagian handlenya. Hal ini menjadi penyebab gas motor susah turun.

Cara tepat untuk mengatasinya yaitu mengganti komponen baru. Amplas pada bagian permukaan skep secara perlahan.

Baca Juga: Gas Motor Tersendat, Kenali Penyebab yang Timbul pada Teknologi Injeksi

Komponen Throttle Body Bermasalah

Selain beberapa penyebab tersebut masih ada yang menjadi faktor lainnya.

Rusaknya komponen throttle body juga mengakibatkan tarikan gas tidak mudah turun. Hanya saja hal ini terjadi pada sepeda motor tipe injeksi.

Ada sebuah katup gas yang berperan untuk mengontrol udara masuk ke intake manifold. Prosesnya buka tutup ketika tuas gas Anda tarik.

Jika masalah ini yang terjadi, maka segera untuk mengatasinya.

Jangan sampai masalah kecil berimbas besar pada sepeda motor Anda. Bahkan dengan mengetahui penyebab timbulnya masalah, cara mengatasinya juga jauh lebih mudah.

Seperti halnya ketika Anda tahu penyebab gas motor susah turun. Maka akan dengan mudah untuk segera mengatasinya. (R10/HR-Online)