Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Ulang, Baca Sebelum Terlambat!

Penyebab aki motor tidak terisi atau overdraw saat kita menghidupkan mesin ternyata ada banyak macamnya yang harus kita ketahui bersama.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa masalah kelistrikan pada kendaraan roda dua memang bisa membuat kita merasa jengkel.

Hal ini dikarenakan akan ada beberapa fungsi yang mungkin tidak bekerja secara maksimal sebagaimana mestinya. Apalagi jika aki rusak, efeknya bisa lama, seperti lampu mulai redup.

Baca juga: Aki Motor Tidak Simpan Setrum, Ini Penyebab Dan Pencegahannya!

Cari Tahu Penyebab Baterai Motor Tidak Dapat Diisi

Salah satu fungsi aki adalah untuk mensuplai listrik ke seluruh komponen seperti lampu hingga busi.

Jika komponen yang satu ini sudah mulai rusak, sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama.

Pada dasarnya setiap baterai juga akan memiliki komponen seperti regulator atau kiprok. Nah, fungsi dari regulator ini sendiri adalah untuk kran yang mampu mengalirkan listrik dari spull.

Jadi, besaran listrik di spull ini juga akan diatur oleh kiprok. Selain itu, kita juga harus mengatur aliran listrik agar jumlahnya pas dan tidak berlebihan karena bisa membuat baterai korslet. Jadi apa penyebabnya?

Kesalahan Perangkat Listrik

Penyebab pertama aki sepeda motor tidak bisa diisi adalah karena perangkat kelistrikan mengalami error yang membuat aki cepat habis.

Biasanya hal seperti ini bisa muncul ketika usia kendaraan sudah memasuki lebih dari 5 tahun. Khususnya untuk sepeda motor kategori high kilometer.

Jika ada kabel bodi yang terkelupas atau korsleting, maka baterai akan mengalami kebocoran arus keluar. Hal ini dapat membuat arus pengisian tidak akan maksimal atau overdraw.

Baca juga: Penyebab Aki Motor Overcharge Paling Umum, Ini Penjelasannya!

Baca Juga :  Tabung Oli Rem Motor, Jangan Cuma Dipasang, Ini Cara Tepatnya

Kiprok Rusak

Pada dasarnya, kiprok merupakan salah satu komponen terpenting dalam aki sepeda motor. Karena fungsinya untuk mengatur besar kecilnya tegangan listrik yang akan dialirkan ke baterai.

Hal ini menjadi salah satu penyebab aki motor tidak terisi, mengingat arus listrik yang masuk ke aki harus disesuaikan dengan baik.

Jika terlalu rendah, maka baterai kekurangan setrum bisa terjadi. Jika arusnya terlalu besar, maka hasilnya tidak akan bagus.

Baca juga: Penyebab Aki Motor Overdraw, Cek Sebelum Memutuskan untuk Menggantinya

Kabel yang salah

Sebuah kendaraan roda dua atau sepeda motor pada dasarnya akan selalu memiliki perkabelan yang rumit dalam sistem kelistrikannya. Karena kabel akan saling terhubung sebagai penghantar arus listrik.

Selain itu, ukuran kabel yang bisa kecil dan pemasangan yang salah ternyata menjadi pemicu kerusakan. Sebut saja ketika kabel terjepit di beberapa bagian, bisa membuatnya terputus.

Artinya, aliran listrik akan menjadi tidak sempurna. Hal ini menyebabkan baterai tidak dapat diisi ulang. Jadi, solusi penyebab aki tidak bisa di charge lagi adalah dengan mengecek kabel-kabelnya satu per satu.

Anda juga harus mengetahui apakah kabel positif dan negatif pada baterai sudah terhubung dengan baik atau tidak. Jangan sampai ada kabel yang kendor karena bisa mengganggu pengisian baterai.

Setelah mengetahui beberapa penyebab aki motor tidak terisi, maka jangan lupa untuk selalu merawat kendaraan. Anda juga bisa melakukan servis berkala di bengkel terpercaya. (R10/HR-Online)