Motor Susah distarter Walaupun Aki Baru, Simak Beberapa Penyebabnya!

Motor susah distarter meskipun sudah membeli aki baru? Tenang saja! Ada beberapa hal yang perlu untuk Anda ketahui sebelum memperbaikinya.

Pada dasarnya mengganti aki baru ternyata tidak menjamin starter macet dapat kembali normal.

Ternyata ada beberapa penyebab mengapa motor tidak bisa hidup, meskipun akinya masih baru. Nah, dengan mengenali sejumlah penyebabnya, maka Anda bisa memiliki pertimbangan khusus sebelum akhirnya ganti aki.

Baca Juga: Ciri-Ciri Motor Hilang Kompresi dan Beberapa Penyebab untuk Diketahui

Motor Susah Distarter? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya Ini!

Memiliki kendaraan sendiri memang sangat memudahkan seseorang, sebab keberadaan motor saat ini memiliki harga murah. Bahkan Anda sekarang juga bisa memilih tentang cara bagaimana membayarnya, baik itu secara kredit atau cash.

Berbicara soal motor, pasti Anda pernah mengalami mengapa kendaraan tidak kunjung menyala padahal sudah on.

Tentu Anda akan merasa bingung dengan keadaan itu dan salah satu cara terbaiknya adalah dengan membawanya ke tukang bengkel.

Tapi sebelum akhirnya memutuskan untuk membawanya ke bengkel, ada baiknya jika anda mengetahui apa saja penyebabnya.

Siapa tahu justru malah Anda bisa memperbaikinya sendiri, sehingga lebih menghemat pengeluaran.

Baca Juga: Penyebab Starter Motor Lemah Ternyata Bukan Hanya Karena Aki Saja

Busi Mulai Melemah

Ternyata busi bisa menjadi salah satu penyebab mengapa motor susah distarter walaupun akinya masih tergolong baru.

Pada dasarnya, komponen yang satu ini juga mempunyai masa pakai dan jika kekuatannya melemah, maka percikan api akan menurun.

Sehingga efeknya ini akan membuat kendaraan lebih sulit menyala walaupun Anda sebelumnya sudah beli aki baru. Biasanya busi juga akan memiliki masalah, terutama pada bagian elektrodanya atau bagian kepala.

Baca Juga :  Royal Enfield Classic 350 Akhirnya Debut Pertama Kali di Indonesia

Kotornya Starter

Walaupun aki baru namun starter elektrik sangat kotor, maka ini bisa membuat kendaraan tidak bisa menyala. Pasalnya pada bagian tombol tersebut kerak bisa mudah muncul akibat dari terkena debu, kotoran, dan air hujan.

Sehingga mengakibatkan susah melakukan starter motor dan akhirnya mesin tidak bisa menyala. Karena tidak ada arus listrik yang saling terhubung.

Sehingga solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan membersihkan kotoran pada bagian starter listriknya lebih dulu.

Baca Juga: Cara Cek Kabel Body Motor Putus dengan Beberapa Langkah Berikut Ini!

Kabel dan Soket Bermasalah

Aki melemah merupakan salah satu kendala yang dapat Anda atasi dengan mudah, misalnya dengan cara mengganti aki baru. Hanya saja masalahnya adalah tidak selalu aki lemah, bahkan sistem kelistrikan serta starter elektrik bisa melibatkan banyak kabel dan soket.

Jadi, pemasangan kabel juga harus tepat supaya arus listrik bisa mengalir dengan benar. Sayangnya karena getaran atau gigitan tikus, maka membuat kabel dan soket jadi bermasalah dan membuat aliran listrik berhenti.

Tak hanya itu saja, melainkan sekring yang putus ternyata bisa membuat motor menjadi tidak menyala. Jadi ini bisa membuat aliran listrik menuju starter elektrik tidak mampu menyala.

Beberapa penyebab mengapa motor susah distarter sudah Anda ketahui dan sebaiknya cek sendiri terlebih dahulu sebelum akan membeli aki baru. Namun, apabila Anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka dengan membawa ke mekanik profesional adalah pilihan terbaik. (R10/HR-Online)