Lampu Depan Motor Mika Buram, Sebaiknya Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Lampu depan motor mika buram, sebaiknya ketahui penyebab dan cara mengatasinya. Jika Anda mengalami kondisi ini, mengakibatkan kurangnya kenyamanan dalam berkendara, terutama pada malam hari.

Lampu pada sepeda motor memiliki peranan yang cukup penting. Selain menerangi penerangan di malam hari, juga berperan saat berkendara saat musim hujan.

Namun untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi baik, pastikan Anda memberikan perawatan yang tepat. Sama seperti komponen motor lainnya, lampu juga bisa mengalami masalah mulai dari kaca pecah, lampu mati, atau bahkan menguning hingga kondisi mika buram.

Jika kondisi komponen tidak optimal maka akan mengakibatkan fungsi komponen kurang maksimal. Apalagi saat musim hujan, peran penting lampu akan sangat terasa.

Jika kondisi mika buram maka akan mengakibatkan pencahayaan kurang optimal karena cahaya yang dikeluarkan tidak penuh. Cahaya akan redup karena tertutup kotoran pada mika.

Saat mengalami kondisi ini, sebaiknya segera mengatasi mika lampu depan sepeda motor yang buram. Sehingga lampu akan terus berfungsi secara optimal.

Baca juga: Cara Memperbaiki Mika Lampu Motor Pecah atau Retak dengan Tepat

Penyebab Mika Lampu Depan Motor Buram

Ada banyak kendala yang bisa terjadi pada sepeda motor. Apalagi jika Anda tidak melakukan perawatan secara rutin. Ini akan memperburuk kondisi.

Semua komponen kendaraan membutuhkan perawatan yang tepat. Salah satunya di lampu. Karena perannya yang cukup penting, ada baiknya jika Anda melakukan perawatan secara rutin.

Lampu mika pada motor juga sering muncul masalah. Salah satunya adalah munculnya blur pada mika. Saat hujan, mika buram lampu akan mengurangi cahaya yang dihasilkan.

Penyebab buramnya mika pada lampu depan sepeda motor adalah karena jamur atau kotoran yang menempel padanya. Saat hujan, air akan membasahi seluruh komponen sepeda motor, termasuk lampu.

Baca Juga :  Tips Memilih Velg Racing Motor Agar Tak Salah Pilih, Begini Langkahnya!

Jika air hujan tidak dibersihkan akibatnya mengering dan membuat bekas menjadi jamur. Bintik-bintik jamur pada mika lampu akan terjadi saat lampu menyala.

Lampu akan menghasilkan energi panas dan membuat jamur menempel pada mika lampu.

Jika Anda membiarkan ini berlanjut, jumlahnya akan bertambah. Hal ini menyebabkan mika menjadi kusam bahkan kuning.

Baca juga: Bersihkan Mika Lampu Motor dengan Gunakan Bahan Ini

Cara Efektif Mengatasi Mika Cahaya Buram

Sebagai pemilik sepeda motor, Anda harus melakukan perawatan yang tepat. Pastikan juga perawatan dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Dengan kondisi motor yang prima membuat berkendara semakin nyaman. Apalagi lampu memiliki peran yang cukup penting.

Sehingga saat kondisi bermasalah akan mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara. Ada banyak masalah yang bisa terjadi dengan lampu mika.

Namun ada satu hal yang sering terjadi yaitu buram atau kusam. Jika kondisi ini terjadi maka peran pentingnya tentu akan berkurang. Ada banyak cara untuk mengatasi mika lampu depan motor yang buram.

Jadi akan bersih kembali tanpa kotoran atau jamur. Jika Anda tidak punya waktu untuk membersihkannya sendiri, gunakan bengkel terpercaya.

Dimana service mampu membersihkan mika untuk masalah dengan lampu lainnya. Tetapi jika Anda tidak ingin keluar karena biayanya banyak, yang terbaik adalah menangani sendiri mika buram.

Cara mengatasinya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan dan alat untuk mengatasi kaca depan motor yang buram agar terlihat mengkilap kembali.

Langkah Mengatasi Lampu Mica Blur

Lampu depan motor Mika yang buram benar-benar mengganggu pemilik kendaraan saat berkendara. Pentingnya peran lampu membuat Anda harus menjaganya agar tetap dalam kondisi baik.

Baca Juga :  Tips mudik dengan motor agar tetap aman, hal-hal penting ini harus kamu lakukan

Setelah mengetahui penyebab mika cahaya buram, sebaiknya gunakan langkah-langkah berikut untuk mengatasinya.

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah melepas bagian mika lampu terlebih dahulu. Cara ini perlu Anda lakukan agar air tidak mengenai bagian kelistrikan sepeda motor.
  2. Setelah mika terlepas dari bodi motor, segera siapkan pasta gigi. Gosokkan pasta gigi pada lampu mika secara keseluruhan. Setelah mika buram benar-benar teroles, gunakan kain kering dan lembut untuk membersihkannya. Pastikan mika bersih dari noda dan pasta gigi. Ulangi langkah tersebut hingga lampu mika benar-benar bersih.
  3. Jika langkah satu dan dua sudah selesai, Anda bisa menggunakan lapisan compound atau wax pada permukaan mika. Hal ini perlu Anda lakukan agar air tidak menempel di permukaan mika.
  4. Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memasangnya kembali pada bodi motor.

Cara mengatasi mika lampu depan motor buram sebenarnya cukup mudah. Pastikan tidak ada celah yang dapat menyebabkan lampu berembun. (R10/HR Online)