Menguras Tangki Motor, Simak Beberapa Cara dan Ketahui Manfaatnya!

Menguras tangki motor ternyata sangat penting untuk Anda lakukan, hal ini karena dalam tangki ternyata juga bisa menyimpan sejumlah kotoran.

Apa jadinya jika kotoran itu menumpuk semakin banyak? Tentu saja akan menimbulkan kerusakan.

Meski demikian, sebagian besar pengguna motor juga masih jarang mengurasnya hanya karena posisinya yang sulit terlihat. Jika Anda salah satunya maka penting untuk mengetahui bagaimana caranya dan ketahui sejumlah manfaatnya.

Baca Juga: Penyebab Tangki Motor Berkarat, Bisa Mengakibatkan Kendaraan Mogok

Menguras Tangki Motor yang Sangat Mudah dan Simpel, Yuk Coba!

Tangki bahan bakar pada sebuah kendaraan, seperti motor memang selalu tertutup rapat namun tak berarti bahwa tidak menyimpan kotoran.

Walaupun dalam tangki hanya terisi oleh bahan bakar, maka tidak mungkin juga jika tidak ada kotoran maupun air yang masuk ke dalam.

Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila sesekali Anda melakukan pengurasan tangki motor tersebut. Sebab, titik embun dari uap bahan bakar yang kita biarkan, ternyata bisa membuat korosi pada tangki tersebut.

Jika sudah seperti itu, maka akan membuat tangki menjadi bocor dan ini tentunya sangat membahayakan Anda sendiri.

Akan ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh saat menguras tangki tersebut. Lantas bagaimana caranya?

Baca Juga: Tangki Motor Kemasukan Benda, Ketahui Dampak dan Solusinya

Cara Pengurasan

Menguras tangki motor untuk langkah pertama adalah dengan melepaskan tangki bahan bakar yang terdapat pada kendaraan tersebut. Caranya adalah membuka baut pengikat pada tangki pada bagian rangka motor.

Putar kran tangki lalu keluarkan sisa bahan bakarnya ke dalam wadah sampai benar-benar habis. Nah, untuk mengecek sisa bahan bakar, pastikan bahwa tangki itu sudah kosong dan dengan menggoyangkan tangki.

Baca Juga :  Piaggio Medley S Hadirkan Tiga Warna Premium Modern Terbaru

Miringkan pula ke kanan dan ke kiri sampai tetesan bahan bakar habis, lalu tutup lubang outlet bahan bakar dan isi tangki dengan bahan bakar lalu keluarkan lagi.

Jika sudah maka tutup dan juga kocok-kocok tangki motor selama beberapa saat.

Jika sudah, maka buka outlet yakni dengan posisi outlet berada di bagian bawah. Ini bertujuan supaya kotoran yang mengendap pada sekitar lubang outlet dapat keluar dengan mudah.

Jangan lupa untuk menyiapkan kain halus kemudian masukkan kain tersebut ke dalam lubang pelampung sampai ujung kain masuk ke dalam tangki.

Goyangkan lagi jika perlu, sampai sisa bahan bakar dan kotoran lainnya benar-benar dalam keadaan bersih.

Salah satu manfaat saat Anda menguras tangki adalah akan terhindar dari berbagai macam masalah, seperti bocor dan keropos.

Tidak hanya itu saja, tangki yang kondisinya bersih maka bisa mengurangi risiko rusaknya pada bagian fuel pump.

Baca Juga: Tangki Bensin Motor Kosong, Ini 6 Bahaya yang Perlu Diwaspadai

Mengingat bahwa komponen yang satu ini harganya sangat mahal sampai ratusan ribu rupiah. Nah, daripada membeli dengan harga mahal, ada baiknya jika Anda melakukan perawatan saja dengan cara membersihkannya.

Oleh karena itu, Anda bisa menguras tangki motor secara berkala supaya kotoran tidak menumpuk yang bisa menyebabkan kebocoran. (R10/HR-Online)