Fungsi selang udara mesin cukup penting agar tidak lepas

Fungsi selang udara mesin cukup penting bagi kendaraan. Sebagai pemilik Anda perlu mengetahui apa saja peran penting tersebut. Pada setiap sepeda motor terdapat selang untuk pernafasan mesin.

Semua orang pasti tahu jika fungsinya untuk pernafasan mesin. Tapi apakah ada fungsi lain? Sebenarnya komponen ini memiliki peran penting lainnya.

Apalagi untuk kendaraan tipe matic, terdapat selang yang menghubungkan antara gear ratio side dan filter udara. Elemen CVT membutuhkan selang udara atau breather ini untuk menyalurkan udara panas.

Biasanya jika komponen ini menghubungkan air filter book atau CVT dengan gear ratio side. Saat terjadi gesekan pada gear ratio chamber akan menghasilkan panas meskipun telah diolesi oli.

Fungsi dari selang udara engine akan menyalurkan panas dari gear ratio untuk dibuang ke buku filter udara CVT.

Baca juga: Oli Rembes dari Blok Mesin Motor, Cari Tahu Apa Saja Penyebabnya

Fungsi Selang Udara Mesin Sepeda Motor Yang Harus Anda Ketahui

Dalam dunia otomotif, sepeda motor menjadi alat transportasi yang cukup populer dan memiliki banyak penggemar. Ini bisa jadi karena kemudahan penggunaan dan perawatan yang diberikan.

Selain itu, dengan sepeda motor dapat membantu Anda berkendara lebih cepat. Apalagi bagi Anda yang berada di daerah padat penduduk atau sering melewati kemacetan lalu lintas.

Komponen pada motor juga memiliki peran yang cukup penting. Semua komponen memiliki peran untuk membuat kendaraan tetap dalam kondisi prima dan dapat berjalan dengan baik.

Salah satu komponen penting yang perlu Anda ketahui adalah selang udara. Meski terlihat sepele, ternyata komponen ini memiliki peran yang cukup penting.

Beberapa fungsi dari komponen-komponen tersebut yang harus Anda ketahui adalah:

Baca Juga :  Cara Mengerem Motor Kopling dengan Aman saat Belokan

Memberikan Kompresi Bocor

Salah satu fungsi selang udara mesin adalah mampu menyalurkan kompresi bocor.

Ini terjadi ketika piston berada di bawah kompresi. Bukan tidak mungkin jika udara yang telah menyatu dengan bahan bakar masuk ke dalam calter melalui dinding silinder dan ring piston.

Bahan bakar yang akan keluar saat piston bergerak ke bawah dipompa ke dalam kotak filter udara agar tidak mencemari lingkungan.

Baca juga: Ciri Kompresi Mesin Motor Bocor dan Cara Pengecekannya

Sebagai Penghangat Udara dan Pendingin Mesin

Adapun fungsi selang udara mesin selanjutnya yaitu sebagai pemanas udara dan pendingin mesin. Ini terjadi ketika AC luar diserap ke dalam mesin, yang tersedot udara dingin.

Adapun perannya sebagai pemanas udara, yaitu saat udara dipompa keluar dari mesin. Tentu saja udara yang dihasilkan hangat atau bahkan panas.

Hal ini tentu saja membantu menghangatkan udara di dalam kotak filter dan kemudian menyedotnya ke dalam ruang bakar.

Sebagai Tempat Sirkulasi atau Pernapasan

Peran penting dari komponen ini adalah sebagai pernafasan atau tempat sirkulasi udara di dalam bak mesin. Saat mesin hidup, kita tahu jika piston di mesin akan bergerak naik turun antara TDC-TMB.

Pada saat ini terjadi kevakuman udara di calter. Saat piston naik, udara akan tersedot ke dalam, tetapi saat piston turun udara akan terhembus karena adanya tekanan yang keluar.

Ini juga merupakan fungsi dari selang udara mesin yang membuat gerakan piston menjadi optimal.

Dampak Buruk Selang Udara

Selain fungsinya yang penting, ternyata ada efek buruk yang bisa dialami. Jangan hanya tahu tentang fungsi selang udara mesin. Namun, jika bagian ini mengalami masalah, hal buruk akan terjadi.

Baca Juga :  Oli Gardan Motor Matic, Ini Fungsi dan Waktu yang Tepat untuk Mengganti

Pergerakan piston akan terhambat dan tentunya akan mempengaruhi tenaga mesin. Hal ini karena di dalam calter terdapat udara yang terkompresi.

Selain itu, seal pada mesin juga bisa bocor.

Hindari Membuka Selang

Biasanya selang udara atau nafas sepeda motor ditutup oli mesin. Sebaiknya sebagai pemilik kendaraan jangan sampai membiarkan begitu saja.

Jika ini terjadi, oli mesin bisa muncrat kemana-mana. Bahkan air akan dengan mudah masuk melalui lubang tersebut. Agar tidak ada air atau kotoran yang masuk, hindari membukanya.

Pastikan selang udara tertutup. Selalu lakukan pengecekan pada setiap komponen motor agar dapat berfungsi dengan baik. Kebocoran pun tidak akan terjadi jika mengetahui fungsi selang udara mesin yang cukup penting. (R10/HR Online)