Efek Motor Tanpa Sekring Cukup Berbahaya Bahkan Kebakaran

Efek motor tanpa sekring membuat arus listrik tidak terkendali. Bahkan masih banyak bahaya yang bisa dihadapi.

Sepeda motor tanpa sekring juga dapat mengakibatkan kerusakan hingga kebakaran.

Sepeda motor hadir sebagai salah satu alat transportasi yang cukup mudah untuk dikendarai. Perawatannya juga tergolong tidak rumit.

Pastikan Anda melakukan servis secara berkala untuk membantu usia dan performa kendaraan semakin baik. Selain sistem pendinginan, mesin sepeda motor juga dilengkapi sistem suspensi.

Ada sistem kelistrikan yang memiliki peran cukup penting.

Beberapa sistem kelistrikan lengkap dengan pengaman untuk menghindari adanya konsleting. Nama dari sistem tersebut yaitu sekring.

Sekring menjadi komponen yang cukup penting dan posisinya berada di area penyimpanan aki.

Di mana terletak pada dekat pijakan pengendara. Keberadaanya cukup penting pada sepeda motor.

Jika motor tidak dilengkapi dengan komponen tersebut, motor bisa mengalami mogok hingga kebakaran.

Sudah dapat dipastikan efek motor tanpa sekring yaitu timbulnya masalah pada kendaraan. Agar Anda lebih paham dengan peran sekring, sebaiknya simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Ciri-Ciri Motor Hilang Kompresi dan Beberapa Penyebab untuk Diketahui

Efek Motor Tanpa Sekring yang Umum Terjadi

Dalam dunia otomotif terutama sepeda motor, terdapat berbagai komponen yang berperan untuk menunjang kinerja kendaraan. Semua komponen memiliki perannya masing-masing dan perlu perawatan yang tepat.

Seperti halnya sekring motor. Meski tampak kecil, namun fungsinya cukup besar.

Sekring berfungsi untuk memutuskan arus listrik saat terjadi hubungan arus pendek.

Apalagi jika kelistrikan berlebih, arusnya mengakibatkan beban lain tidak mengalir.

Sekring atau fuse bisa disebut juga dengan pengaman. Kemudian sekring akan bekerja memutus arus listrik secara otomatis jika berlebih.

Jika terjadi hubungan arus pendek, mengakibatkan munculnya kebakaran. Karena perannya yang cukup penting, ada baiknya Anda memperhatikan kondisinya.

Baca Juga :  Yamaha Crosser 150 Hadirkan Dua Sub Model, Selengkapnya!

Jika mati atau bermasalah, ada beberapa efek yang akan pengguna sepeda motor rasakan. Berikut ini ada beberapa efek buruk jika sekring tidak berfungsi.

Korsleting Listrik

Efek motor tanpa sekring yaitu bisa muncul berbagai masalah. Salah satunya terjadinya korsleting.

Jika masalah ini terjadi, dapat mengakibatkan komponen kelistrikan pada area sekring motor ikut konslet hingga terbakar. Jika sekring bermasalah, mengakibatkan mati total.

Baca Juga: Cara Menggunakan Idling Stop yang Benar Sepeda Motor, Ini Prosedurnya

Berpengaruh Terhadap Sistem Keamanan

Sekring sepeda motor memiliki peran yang cukup penting. Bahkan fungsinya untuk menjaga keamanan kendaraan.

Jika komponen tersebut mati atau rusak, sudah pasti sistem kelistrikan juga akan mati total. Hal ini juga akan mempengaruhi komponen kelistrikan lainnya yang sangat tidak aman apabila sekring tidak ada.

Komponen Lain Meleleh

Risiko terjadinya kebakaran akibatĀ  arus pendek memang kemungkinan besar terjadi. Bahkan jika sekring tidak ada mengakibatkan berbagai masalah yang timbul.

Jika sekring tidak berfungsi secara optimal salah satu efek buruknya yaitu meleleh. Komponen kelistrikan lainnya berisiko besar meleleh, tidak hanya pada bagian sekringnya saja.

Jika sekring meleleh secara otomatis komponen kelistrikan lainnya yang ada disekitarnya akan meleleh juga. Bahkan akibat fatal yaitu membuat aki motor lebih cepat drop.

Sebab, sistem kelistrikan saling berhubungan. Dengan mengetahui fungsi dan peran penting sekring, Anda perlu melakukan pengecekan secara berkala.

Jika tidak efek motor, tanpa sekring pun akan mengakibatkan banyak masalah dan bahaya besar.

Baca Juga: Cara Kerja Keyless Motor dan Manfaatnya untuk Pengendara

Fungsi Sekring Motor

Efek motor tanpa sekring justru bisa berakibat fatal. Bahkan berbagai masalah bisa timbul akibat sekering tidak berfungsi.

Baca Juga :  Cara Isi Oli Rem Motor Sendiri Dengan Mudah, Simak!

Sebagai pemilik sepeda motor, ada baiknya jika Anda melakukan perawatan dan pengecekan sebelum berkendara. Ada baiknya pula jika Anda tahu apa sebenarnya fungsi komponen yang satu ini.

Fungsi dari sekring yaitu untuk dapat memutus arus listrik jika korsleting terjadi. Sekring mampu melindungi komponen di area sekitarnya atau sistem kelistrikan agar tidak timbul masalah.

Sebenarnya masih banyak fungsi dari sekring. Menjadi sensor ketika ada ketidaknormalan pada sistem kelistrikan, juga menjadi fungsi dari komponen tersebut.

Sehingga fungsi dari sekring cukup penting termasuk mencegah kebakaran.

Dengan adanya sekring motor listrik akan terjamin aman meski terjadi konsleting maupun aliran arus listrik yang berlebih. Sebaiknya cari tau definisi, fungsi, dan cara merawat sekring motor. Hal ini bertujuan akar efek motor tanpa sekring tidak Anda alami. (R10/HR-Online)