Ciri Fuel Pump Motor Lemah Terdengar Dengungan dan Indikator Lampu

Ciri fuel pump motor lemah pada motor injeksi sebaiknya Anda ketahui. Hal ini mengingat karena komponen yang satu memiliki peran cukup penting. Fuel pump pada sepeda motor memiliki peran yang cukup vital.

Hal ini karena komponen tersebut berperan untuk mendistribusikan bensin sesuai dengan porsinya ke bagian injektor. Tidak hanya itu saja, fuel pump juga memiliki peran untuk menjaga tekanan dari bensin agar tetap tinggi.

Karena kinerjanya yang cukup penting membuat komponen harus terjaga. Sebab seiring berjalannya waktu semua komponen pada sepeda motor juga memiliki masa pakai masing-masing.

Bahkan membutuhkan perawatan hingga penggantian secara berkala. Hal ini juga bisa terjadi pada komponen fuel pump. Komponen yang satu ini bisa melemah dan menyebabkan tekanan bensin menjadi lemah.

Jika sudah terjadi hal seperti ini bensin tidak dapat terdistribusi secara optimal. Pembakaran pada ruang bahan bakar tidak bisa berlangsung secara optimal.

Sehingga berpengaruh terhadap kinerja motor saat dikendarai. Karena alasan inilah mengapa Anda perlu tahu apa saja ciri fuel pump motor lemah. Dengan mengetahuinya maka, Anda akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Kinerja sepeda motor bisa berfungsi secara optimal. Bahkan membantu Anda lebih aman dan nyaman saat berkendara.

Baca Juga: Komponen Fuel Pump Motor, Mempengaruhi Kinerja Mesin Kendaraan

Apa Saja Ciri Fuel Pump Motor Lemah?

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang cukup banyak dipilih karena praktis. Selain itu, perawatan sepeda motor juga tergolong cukup mudah.

Seperti halnya sepeda motor saat ini sudah memiliki sistem injeksi untuk dapat menyuplai bahan bakar. Sistem injeksi sepeda motor membutuhkan komponen yang namanya fuel pump.

Fuel pump bisa mengalami kerusakan akibat beberapa faktor. Mulai dari usia dan kebiasan buruk membiarkan tangki kosong tanpa bahan bakar.

Baca Juga :  Menguras Tangki Motor, Simak Beberapa Cara dan Ketahui Manfaatnya!

Padahal jika komponen tersebut dalam kondisi baik biasanya bisa bertahan hingga waktu kurang lebih 5 tahun. Artinya untuk menjaga komponen tetap dalam kondisi baik yaitu selalu isi tangki bensin agar tidak sampai kosong.

Berbeda dengan sepeda motor yang menggunakan sistem karburator. Jika terjadi kerusakan akibat fuel pump biasanya ada tanda atau ciri-ciri yang bisa Anda rasakan.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa memberikan tanda jika fuel pump bermasalah.

Baca Juga: Penyebab Motor Tidak Dapat Digas Tinggi dari Beberapa Aspek, Apa Saja?

Suara Dengungan Pelan

Salah satu ciri fuel pump motor lemah yaitu terdengarnya suara dengungan sepeda motor yang semakin pelan. Jika sudah timbul kondisi seperti ini sebaiknya harus segera waspada karena dengungan terdengar lemah daripada biasanya.

Saat kondisi ini terjadi ada baiknya untuk segera mengatasinya. Anda bisa melakukan dengan membawanya ke bengkel terdekat untuk memastikan kondisinya tetap dalam keadan baik.

Jangan sampai terlambat dan fuel pump tidak dapat berfungsi secara optimal. Jika tidak segera teratasi bisa jadi masalah ini akan mengakibatkan timbul masalah baru.

Motor Susah Distarter

Salah satu ciri fuel pump motor lemah yaitu sepeda motor susah distarter. Untuk bisa memastikan fuel pump dapat bekerja kembali bisa dengarkan dengungan dari tangki bensin.

Jika suda Anda masuk kondisi ON pada sepeda motor, namun tidak terdengar dengungan, menjadi tanda fuel pump lemah. Saat komponen tersebut masih dalam kondisi baik maka dengungan keras terdengar setelah kunci kontak ON.

Baca Juga: Komponen Chasis Sepeda Motor Mulai dari Bagian Hingga Fungsinya

Lampu Indikator Berkedip

Saat lampu indikator berkedip ternyata juga bisa menjadi indikasi jika ada komponen yang bermasalah. Salah satunya yaitu pada komponen fuel pump.

Baca Juga :  Lampu Depan Motor Mika Buram, Sebaiknya Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Saat kondisi ini terjadi biasanya gejalanya berupa Malfunction Indicator Lamp (MIL) pada panel instrumen berkedip. Lampu MIL menjadi indikator yang mendeteksi timbulnya kerusakan pada sistem injeksi.

Lampu MIL ini berada pada bagian speedometer berwarna orange. Jika terjadi masalah pada sensor atau sistem injeksi maka lampu MIL tersebut akan menyala dan berkedip.

Lampu tersebut akan mati secara otomatis saat terjadi kerusakan. Jika lampu berkedip dan ada gejala kerusakan lainnya sudah dapat dipastikan jika fuel pump perlu diganti.

Untuk penggantiannya cukup mudah, Anda pun tidak perlu membawanya ke bengkel, sebab bisa Anda lakukan sendiri tanpa ribet.

Sebenarnya masih banyak gejala muncul jika sepeda motor mengalami kerusakan. Hanya saja indikator terjadinya masalah tersebut berbeda-beda.

Seperti halnya ciri fuel pump motor lemah yang bisa Anda rasakan secara langsung. Sehingga akan membantu Anda lebih mudah untuk mengatasinya. (R10/HR-Online)