Ciri-Ciri Rumah Matic Roller Rusak Penting untuk Diketahui, Pemula Wajib Tahu!

Ciri-ciri rumah roller otomatis yang rusak sangat penting untuk Anda ketahui, karena keberadaannya sangat menunjang kualitas kendaraan. Bahkan fungsi ini juga tidak semua orang mengetahuinya, sehingga penting untuk diketahui bersama.

Apalagi pada tipe motor matic sering mengalami kerusakan terutama pada Roller CVT.

Ini adalah komponen yang berfungsi untuk menggerakkan puli depan dan membuat sabuk naik turun saat motor hidup.

Baca juga: Cara Meningkatkan Akselerasi Motor Matic Agar Lebih Gahar

Ciri-Ciri Rumah Matic Roller Rusak yang Sangat Penting untuk Anda Ketahui

Seiring dengan penggunaannya, dapat dipastikan bahwa komponen pada CVT ini dapat mengalami keausan, termasuk rumah roller. Biasanya deteksi keausan katrol primer tidak hanya pada permukaan katrol.

Namun keausan puli primer juga dapat terjadi pada alas roller yang telah mengalami pendalaman akibat tergerus oleh roller. Padahal, fungsi dari komponen ini adalah untuk menyalurkan putaran mesin ke V-Belt.

Tidak hanya itu, berguna juga untuk mengatur besar kecilnya diameter pulley dan mengatur percepatan motor.

Lalu apa saja gejala dan ciri-cirinya jika komponen tersebut rusak? Bagaimana menanganinya?

Baca juga: Gandar Belakang Motor Matic Terjebak, Ini Pemicunya dan Cara Mengatasinya

Energi Menjadi Lebih Sedikit

Salah satu ciri rumah roller otomatis yang rusak adalah daya pada motor mulai berkurang secara perlahan. Saat sepeda motor digunakan untuk jalan-jalan dan terasa lamban, bisa membuat tenaga berkurang.

Apalagi jika pengguna menabrak tanjakan yang memang membutuhkan tenaga lebih untuk bisa melibasnya. Biasanya untuk kondisi roller paling ringan hanya akan goyang sedikit.

Namun jika sudah berubah bentuk dan bahkan tidak bulat lagi, itu menandakan telah rusak parah. Jika sudah seperti ini, maka Anda sebagai pemilik sepeda motor harus segera mengatasinya.

Baca Juga :  Tips Memilih Velg Racing Motor Agar Tak Salah Pilih, Begini Langkahnya!

Baca juga: CVT Motor Matic, Gejala Kerusakan dan Cara Merawatnya

Ada suara di bagian depan CVT

Jika roller otomatis rusak maka akan ada bunyi pada bagian depan CVT kendaraan. Biasanya suara ini akan muncul ketika kondisi roller sudah rusak parah.

Sehingga hal ini akan membuat bagian depan CVT menjadi berderit saat motor berjalan. Padahal, CVT sendiri merupakan komponen atau sistem pengubah rasio gigi yang bisa diatur secara otomatis.

Roller CVT bulat dapat memudahkan varactor untuk bergerak. Jadi, jika komponen roller ini tidak bulat sempurna, bisa menyebabkan gangguan saat berjalan.

Hal ini dikarenakan komponen ini juga memiliki batas pemakaian, sehingga sudah saatnya untuk menggantinya jika sudah rusak. Secara fisik kita bisa mengetahui kerusakan ini dengan membongkar CVT terlebih dahulu.

Namun jika tidak bisa melakukannya sendiri, maka Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat.

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri rumah roller otomatis yang rusak, Anda harus selalu merawat komponen tersebut juga. (R10/HR-Online)