Ciri-Ciri Motor Hilang Kompresi dan Beberapa Penyebab untuk Diketahui

Ciri-ciri motor hilang kompresi patut untuk Anda ketahui, supaya ke depannya Anda bisa memperbaiki sendiri tanpa meminta bantuan. Meski demikian, penyebab motor bisa hilang kompresi sepertinya tidak perlu membuat Anda begitu panik.

Memang gejala ini sedikit membingungkan, sebab pengapian masih ada, namun motor malah mogok.

Lantas bagaimana cara mengembalikannya? Apakah ini berbahaya? Simak!

Baca Juga: Ciri-Ciri Rumah Roller Matic Rusak Penting Diketahui, Pemula Wajib Tahu!

Ciri-Ciri Motor Hilang Kompresi yang Sangat Penting untuk Anda Ketahui

Kompresi pada motor merupakan kejadian saat tekanan pada ruang bakar terjadi karena terdapat gerakan piston dari bawah ke atas.

Kompresi akan terjadi saat katup isap terbuka, sehingga akan membuat piston bergerak menuju ke bawah. Hal tersebut akibat putaran engkol.

Pada waktu yang sama, maka piston akan menghisap gas campuran udara dan juga dengan bahan bakar.

Selanjutnya saat piston naik ke atas atau katup isap menutup, maka akan terjadi pemampatan yang tinggi pada ruang bakar mesin.

Sehingga tingkat kompresi yang tinggi akan membuat bahan bakar minyaknya mudah terbakar dan akan menghasilkan tenaga besar.

Lalu tingkat kompresi dalam mesin juga mempengaruhi tenaga. Tapi bagaimana gejala hilang kompresi?

Baca Juga: Cara Menggunakan Idling Stop yang Benar Sepeda Motor, Ini Prosedurnya

Ciri-Ciri

Salah satu ciri-ciri motor hilang kompresi memang seringkali kita jumpai adalah kick starter motor yang tidak ada tenaga saat kita ayunkan. Mungkin juga memang ada tenaganya, maka kick starter bisa menendang kembali ke atas.

Selanjutnya saat motor di kick starter, maka Anda tidak akan merasakan beban yang lebih alias ngeblos. Bahkan seperti tidak terdapat tekanan pada bagian dalamnya.

Baca Juga :  Aprilia RS 660 Tampil di Pameran Legendaris, Akan Hadir Terbatas

Biasanya jika motor sudah kehilangan kompresi, maka hal yang cukup mendasar terjadi adalah kendaraan akan mogok tiba-tiba. Namun hal ini juga bisa saja terjadi meskipun pengapian masih bagus.

Baca Juga: Shock Depan Ambles, Ini Beberapa Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi

Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi?

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri motor hilang kompresi, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebabnya. Hilangnya kompresi pada kendaraan roda dua seperti ini bisa terjadi karena beberapa hal.

Salah satunya adalah ring piston yang sudah mulai aus, hal itu membuat tekanan untuk memampatkan dari campuran bahan bakar berkurang. Apabila hal seperti ini sudah terjadi, maka Anda dapat mengatasinya dengan cara membuka bagian busi.

Jika sudah selanjutnya teteskan oli sedikit yang kondisinya masih bagus ke dalam lubang busi. Selanjutnya coba kick starter sembari menutup lubang busi dengan menggunakan jari.

Lakukan ini minimal sebanyak 5 kali kick starter. Sehingga setelah kich starter sudah kembali memiliki tekanan, berikutnya langsung pasang lagi busi. Kemudian jalankan motor seperti biasa.

Apabila ada sedikit asap yang keluar, ini terjadi akibat oli yang dimasukkan tadi. Anda tidak perlu khawatir, sebab nanti akan hilang dengan sendirinya.

Beberapa ciri-ciri motor hilang kompresi beserta penyebab dan cara mengatasinya kini sudah Anda ketahui. Jika tak bisa mengatasi sendiri, maka bisa membawanya ke tukang bengkel. (R10/HR-Online)