Cara Isi Oli Rem Motor Sendiri Dengan Mudah, Simak!

Anda perlu mengetahui cara mengisi oli rem motor bekas dengan benar agar tidak salah mengaplikasikannya. Pengisian yang salah mengakibatkan rem motor menjadi berangin dan tidak berfungsi dengan baik.

Minyak rem merupakan pelumas yang sangat berguna untuk menggosok komponen logam seperti rem.

Mengetahui oli rem, apakah masih ada atau habis bisa dilihat dari indikator pada master rem. Master Brake adalah rangkaian pada tuas rem motor. Jika indikator rem rendah maka sudah saatnya Anda mengisi bahan bakar rem.

Baca juga: Selang Rem Sepeda Motor, Berikan Perawatan yang Tepat untuk Fungsi Optimal

Ikuti cara yang paling tepat untuk mengisi minyak rem sepeda motor

Saat minyak rem Anda habis, Anda tidak perlu pergi ke bengkel. Anda hanya perlu menyiapkan minyak rem yang dibeli dari toko otomotif.

Minyak rem akan mengalir dari tuas ke kaliper rem, sehingga membentuk tenaga pada kampas rem.

Pasang Selang Transparan

Untuk melakukan pengisian, Anda harus menyiapkan selang transparan kecil pada puting bleeder. Gunakan untuk menghilangkan minyak rem.

Pertama buka baut bleeder menggunakan ring lock.

Pasang salah satu ujung selang ke baut yang terbuka dan pastikan cincin pengunci masih pada tempatnya. Setelah itu, biarkan ujung selang yang lain masuk ke dalam wadah untuk menampung minyak rem yang lama.

Lepaskan Minyak Rem

Cara mengisi minyak rem sepeda motor sebaiknya buang dulu minyak rem yang lama dengan cara membuka nipel bleeder terlebih dahulu. Buka kunci dengan memutar berlawanan arah jarum jam dan kendurkan, lalu tekan rem pada stang beberapa kali.

Namun hindari menghisap minyak rem dari ujung selang. Cukup dengan memompa stang rem maka oli akan keluar dengan sendirinya.

Baca Juga :  Honda Dax ST125 Resmi Dirilis di Pameran Jepang

Juga, goyangkan rem sampai lepas dari setang. Jika oli lama sudah habis, tandanya saat menekan rem sudah tidak berat lagi.

Baca juga: Cara Mengerem Motor Kopling dengan Aman saat Belokan

Buka Master Rem

Untuk cara ini, simpan selang pada baut bleeder. Buka reservoir atau master rem yang ada pada stang berbentuk kotak atau tangki penyimpanan minyak rem cadangan.

Kotak master rem ini memiliki dua baut yang harus Anda buka dengan obeng. Lakukan dengan perlahan.

Saatnya Mengisi Minyak Rem Baru

Cara mengisi oli rem motor, ambil oli rem baru yang sudah anda siapkan sebelumnya. Tuang dengan hati-hati dan perlahan ke dalam master rem yang baru saja Anda buka.

Ukurannya yang kecil memungkinkan Anda untuk berhati-hati agar tidak menumpahkannya. Jika tidak memungkinkan untuk dituang, gunakan spuit agar tidak keluar dari kotak.

Jika oli keluar, kandungan asamnya bisa merusak cat motor. Akibatnya, cat bisa terkelupas.

Jika tak terhindarkan dan mengenai bodi motor, sebaiknya segera dibersihkan.

Ketika master rem terisi penuh dengan oli,

lalu tekan tuas rem pada stang. Sehingga oli yang masuk ke hidrolik berjalan lancar. Dengan begitu minyak rem akan terdorong keluar.

Namun perlu Anda ingat, jangan sampai oli di master rem habis. Berhenti menekan tuas rem dan valve bleeder dan isi kembali minyak rem sampai penuh.

Baca juga: Tabung Oli Rem Motor, Jangan Cuma Dipasang, Ini Cara Tepatnya

Pastikan rem cakram bebas angin

Saat melakukan cara pengisian minyak rem sepeda motor, banyak kemungkinan udara bercampur lalu masuk.

Tahukah Anda, volume minyak rem berkurang dan bercampur dengan udara, sehingga tenaga tidak maksimal. Akibatnya, rem blong karena udara masuk saat mengisi minyak rem motor.

Baca Juga :  MV Agusta F4 Claudio Castiglioni Raih Atensi Publik dari Harga Fantastis

Anda benar-benar dapat melihat udara dari gelembung di selang saat mengisi. Saat oli terisi hingga penuh, maka Anda bisa menekan tuas hingga beberapa kali.

Ini akan terasa sangat berat. Jika sudah, tahan tuas rem dan buka baut bleeder yang sudah kencang.

Kemudian saat dibuka, minyak rem ini sekaligus memompa udara keluar.

Tuas rem akan terasa lebih ringan. Jika sudah membaik, kencangkan kembali baut puting bleeder.

Periksa kembali apakah ada tumpahan minyak rem yang perlu Anda bersihkan.

Kencangkan lagi baut pemeras dan lepaskan perlahan selang dari puting pemeras. Tutup bagian itu lagi dengan sekrup.

Periksa master rem jika minyak rem masih kurang, lalu isi ulang dan tutup master rem. Pastikan semua cara pengisian minyak rem sepeda motor dilakukan dengan hati-hati dan dalam kondisi bersih. (R10/HR-Online)