Cara menggunakan semir ban sepeda motor yang benar dan jenisnya

Cara penggunaan semir ban motor yang tepat dapat memberikan hasil yang optimal. Tampilan ban terlihat lebih mengkilat dan menarik.

Semir ban atau yang biasa dikenal dengan kitt membantu ban terlihat hitam mengkilat seperti baru. Selain itu juga dapat membuat ban terlihat lebih elastis, awet, dan tahan lama.

Penggunaan kit ini merupakan salah satu tips perawatan agar komponen tetap awet dan tahan lama. Seperti diketahui, semua komponen kendaraan memiliki fungsi yang saling berkesinambungan.

Hal ini memungkinkan kendaraan bekerja secara optimal. Ban merupakan komponen yang berperan langsung dalam kondisi jalan. Anda juga harus bisa menjaga dan merawatnya dengan baik.

Jika Anda tidak melakukan perawatan ban, bisa menyebabkan komponen menjadi kurang elastis. ban akan mudah bocor dan meledak. Salah satu cara terbaik untuk merawat ban adalah dengan menggunakan semir.

Apalagi sekarang Anda akan lebih mudah menemukannya di pasaran. Pada umumnya, semir ban mengandung emulsified silicone. Ini membuat aplikasinya lebih mudah.

Sedangkan untuk hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Termasuk cara menggunakan semir ban sepeda motor.

Baca juga: Jenis Ban Motor Terbaik dan Berkualitas untuk Berbagai Aktivitas

Pahami Cara Pemakaian Poles Ban Motor Untuk Hasil Maksimal

Semir ban adalah salah satu alat yang paling banyak digunakan untuk perawatan. Apalagi mengingat ban merupakan bagian penting dari kendaraan.

Hal ini membuat Anda harus bisa melakukan pengobatan yang tepat. Biasanya semir ban digunakan oleh jasa cuci untuk menghasilkan tampilan ban yang lebih baik. Saat ingin melakukan ini, tidak perlu mencuci kendaraan secara menyeluruh.

Anda cukup membersihkan ban dari kotoran yang membandel. Setelah ban Anda dicuci, kemudian keringkan menggunakan kain. Karena jika ban basah, biasanya kitt akan terlalu encer sehingga hasilnya terlalu cair.

Baca Juga :  Penggunaan Kiprok pada Motor Yang Berperan Sangat Penting, Simak Ini!

Padahal, cara ini akan membuat penggunaannya semakin boros. Selain itu, masih banyak cara yang perlu kamu perhatikan saat melakukan perawatan ban motor dengan kitt.

Cara menggunakan semir ban sepeda motor cukup mudah. Selain Anda harus memilih jenis cat yang bagus, Anda juga harus menggunakan kuas sebagai alatnya.

Pastikan saat melakukan semir ban, Anda tidak menyentuh bodi motor. Cat tidak akan menodai tubuh.

Adanya silikon pada cat membuat cat memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga akan lebih sulit untuk dibersihkan.

Baca juga: Ban Motor Sering Kempes, Cek Penyebabnya Berikut Ini

Jenis-Jenis Poles Ban Sepeda Motor

Cara menggunakan semir ban sepeda motor cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan kuas dan aplikasikan secara merata.

Selain itu, Anda juga perlu memilih jenis semir yang ada di pasaran. Ada beberapa jenis semir ban yang bisa Anda temukan di pasaran.

Semir Ban Cair

Jenis pertama adalah bentuk cair. Umumnya poles jenis ini menggunakan bahan silikon yang dikemas. Semir ban cair dapat digunakan dengan aplikasi yang mudah.

Cukup bersihkan ban dan motor secara keseluruhan. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan cairan poles secara merata. Dengan memilih jenis semir ban cair, Anda bisa membuatnya tampak seperti baru.

Jenis Lilin

Jenis kedua adalah lilin. Cara penggunaan semir ban motor jenis ini biasanya lengkap dengan spon. Jadi Anda tidak perlu mencari kuas atau sejenisnya.

Ini juga mudah. Anda cukup menuangkan cairan lilin ke dalam spon dan mengoleskannya pada dinding ban secara merata. Anda tidak perlu mencuci ban motor jika tidak terlalu kotor.

Cukup aplikasikan dengan menggosok lebih keras untuk menghilangkan kotoran yang membandel. Selain tampilan ban yang lebih tebal, juga menjaga elastisitas ban agar tidak mudah pecah.

Baca Juga :  Aki Motor Listrik Punya Peran Penting, Begini Cara Merawatnya!

Jenis semprotan

Pemoles jenis spray biasanya lebih efektif menghilangkan kotoran yang membandel. Cara melamarnya juga cukup mudah. Anda tidak perlu mencuci sepeda atau menyeka ban sepenuhnya.

Asalkan tidak terlalu kotor, cukup semprotkan semir ke seluruh ban secara merata. Diamkan beberapa saat dan gosok dengan sikat hingga bersih.

Setelah benar-benar hilang, Anda bisa membilasnya dengan air bersih. Pastikan busa dan kotoran benar-benar hilang.

Sebaiknya pilih jenis dan cara penggunaan semir ban sepeda motor dengan benar. Hal ini akan mempengaruhi penampilan kendaraan Anda. Bahkan ban akan terlihat lebih mengkilat seperti baru. (R10/HR Online)