Cara Mengatasi Blind Spot Agar Aman Pengendara Motor

Cara mengatasi blind spot bagi pengendara sepeda motor sebenarnya cukup penting. Apalagi blind spot tidak bisa dihilangkan, hanya diminimalisir.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya blind spot. Sebagai pengendara sepeda motor perlu mengetahui apa itu blind spot, cara mengatasinya dan penyebab yang menyebabkan hal itu terjadi.

Sebenarnya sebagai pengendara sepeda motor belum tentu tahu apa itu blind spot. Kondisi ini menjadi salah satu faktor dominan yang sering mengakibatkan kecelakaan.

Bahkan hal seperti itu terjadi karena pengemudi tidak mengetahui apa itu blind spot.

Untuk meminimalisir kejadian tersebut, semua pengendara sepeda motor harus mengetahui definisi dan cara mengatasi blind spot di jalan raya. Sehingga resiko kecelakaan lalu lintas semakin kecil.

Baca juga: Cara Kerja Motor Tanpa Kunci dan Manfaatnya bagi Pengendara

Pengertian dan Cara Mengatasi Blind Spot

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang cukup populer dan banyak peminatnya. Selain simpel dan mudah perawatannya, sepeda motor yang cocok untuk dikendarai di area jalan raya yang rawan kemacetan.

Sayangnya dalam berkendara ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah titik buta.

Bagi pengendara dan pengguna jalan lainnya, hal ini perlu mendapat perhatian.

Blind spot terkadang tidak terlalu diperhatikan sehingga menyebabkan pengendara kurang waspada dalam mengetahui kondisi jalan. Bagi anda yang belum paham tentang blind spot, berikut penjelasan lengkapnya.

Bintik buta itu sendiri sering disebut sebagai titik buta atau area tak terlihat. Ini berarti mengemudi di area yang tidak terlihat oleh pengendara sepeda motor dan mobil.

Sebenarnya kondisi ini cukup penting untuk diperhatikan. Pengemudi harus mengetahui titik-titik buta dan bagaimana menguranginya agar tidak terjadi.

Baca Juga :  Motor Listrik Polytron Evo Buatan Kudus Mulai Dipasarkan

Langkah-Langkah Tepat Meminimalkan Blind Spots

Seperti yang sudah dilakukan sejak awal, mengendarai sepeda motor dan kendaraan lain membutuhkan keahlian. Bahkan perlu memahami beberapa hal tentang kondisi saat berkendara di jalan raya.

Blind spot tidak bisa lepas dari pengendara sepeda motor. Untuk mengurangi risiko kecelakaan, Anda perlu mengetahui cara menangani blind spot dengan benar.

Bagi Anda yang baru mengenal blind spot, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

Baca juga: Cara Mengisi Oli Rem Motor Sendiri Dengan Mudah, Simak!

Hindari Menyalip Kendaraan Secara Paksa

Banyak orang yang tidak memahami titik buta dan itu menyebabkan kecelakaan fatal. Apalagi saat sedang terburu-buru, membuat pengemudi kurang mengontrol emosi berkendara.

Saat berada dalam posisi blind spot, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk menyalip kendaraan lain.

Jika Anda terburu-buru, risiko kecelakaan akan jauh lebih besar. Faktanya, sebagian besar kecelakaan muncul sebagai akibat dari ini.

Hindari menyalip kendaraan di depan saat kondisi tidak tepat. Anda perlu banyak pertimbangan ketika ingin melakukan ini.

Namun, ini pengecualian untuk kendaraan yang memiliki rute khusus seperti ambulans, mobil pemadam kebakaran, atau bahkan mobil pejabat tinggi.

Gunakan Kaca Spion Secara Optimal

Anda bisa melakukan cara mengatasi blind spot tersebut. Langkah selanjutnya adalah menggunakan cermin secara optimal. Lebih banyak spion standar pabrik.

Spion dari perusahaan sepeda motor berfungsi jauh lebih baik ketika Anda membandingkannya dengan variasi. Desainnya presisi dan tentunya telah melewati standar uji.

Dengan adanya komponen tersebut akan membantu pengemudi untuk mengetahui kondisi berkendara bagian belakang.

Selain memilih cermin standar, pastikan juga posisinya tepat. Coba luruskan keduanya pada bodi kendaraan.

Baca juga: Cara Membersihkan Piston Motor Kerak Tanpa Harus Bongkar Mesin

Baca Juga :  Tabung Oli Rem Motor, Jangan Cuma Dipasang, Ini Cara Tepatnya

Gunakan Sinyal Belok

Sebenarnya cara mengatasi blind spot ini tidak sulit. Itu semua tergantung pada apakah pengemudi itu pintar atau tidak.

Apalagi sepeda motor kini hadir dengan berbagai fitur menarik. Ini akan membuat mengemudi jauh lebih aman dan mudah.

Saat posisi blind spot Anda perlu menggunakan lampu sein saat berbelok. Tak hanya itu, perhatikan kaca spion dan area depan yang terlihat.

Anda perlu melakukan ini agar lebih aman. Jika ingin membelok atau menyalip kendaraan di depan, lakukan langkah berikut.

Gunakan cermin untuk membantu Anda lebih aman dan tidak merugikan orang lain atau diri Anda sendiri.

Lebih baik memahami bagaimana kondisi blind spot sebenarnya, untuk bisa meminimalisir kondisi tersebut saat berkendara.

Bahkan menggunakan cara yang tepat untuk mengatasi blind spot bagi pengendara sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan yang terjadi. (R10/HR-Online)