Cara Mudah Membersihkan Spool Motor dengan Alat Ini

Cara membersihkan spool motor bisa dilakukan sendiri atau mungkin meminta bantuan mekanik di bengkel terpercaya. Jika ingin membersihkan diri, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas kipas, magnet, dan spool dari dudukannya.

Gulungan motor sendiri merupakan salah satu komponen yang berperan sangat penting sebagai sumber listrik bagi kendaraan roda dua. Karena spul memiliki fungsi sebagai sumber listrik yaitu untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Baca Juga : Penyebab Spool Motor Rusak Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Cara Membersihkan Spool Motor yang Benar Agar Tetap Awet

Setiap pemilik kendaraan harus mengetahui dan memahami apa saja komponen yang ada pada kendaraannya. Sebut saja ciri, penyebab, dan cara mengatasinya, mereka harus bisa memahami.

Terutama pada masalah kelistrikan, seperti lampu atau komponen kelistrikan lainnya yang tidak bisa menyala walaupun sudah kami ganti lampunya. Biasanya hal seperti ini karena ada masalah pada bagian charging baterai sehingga cepat overdraw.

Jika hal ini terjadi pada kendaraan anda, maka kemungkinan besar motor bisa langsung mogok atau tidak mau hidup. Terutama kumparan, di mana Anda perlu tahu cara merawatnya dengan benar.

Baca Juga : Ciri-Ciri Kumparan Motor Lemah, Wajib Diketahui Pengguna Motor

Mempersiapkan Peralatan

Cara membersihkan spool motor tips yang pertama adalah menyiapkan peralatannya terlebih dahulu. Setelah semua alat tersedia, saatnya untuk memulai proses selanjutnya.

Kemudian anda bisa membuka spool motor terlebih dahulu, namun jangan khawatir karena untuk membukanya tidak begitu sulit. Karena Anda hanya perlu membuka setiap baut yang ada di dalamnya.

Namun, dalam kasus seperti ini Anda juga harus lebih berhati-hati agar saat menginstal ulang tidak ada komponen yang salah. Jangan lupa juga untuk menyiapkan alat pendukung lainnya untuk memudahkan saat akan bekerja.

Baca Juga :  Aki Motor Tidak Mau Ngecas, Simak Beberapa Penyebab dan Cara Atasi!

Gunakan Pembersih

Cara membersihkan kumparan motor untuk langkah selanjutnya adalah melepas kipas kemudian magnet dan kumparan. Jika terlepas, maka Anda bisa menggunakan cairan yang mudah kering, misalnya seperti alkohol, bensin, atau cairan. pembersih kontak.

Tahap selanjutnya kamu juga bisa menggunakan sikat gigi agar bisa merontokkan bagian spool yang kotor. Caranya adalah dengan mengoleskannya dengan lembut pada bagian yang kotor.

Baca Juga : Akibat Rusaknya Spool Motor, Pengertian, Komponen, dan Ciri-ciri Kerusakan

Sedangkan untuk bisa menghilangkan karat pada magnet anda bisa menggunakan grinder dengan amplas atau sikat kawat. Lakukan ini dengan hati-hati dan perlahan hingga semua karat dan kotoran yang menempel bisa dihilangkan.

Nah, jika semuanya sudah benar-benar bersih maka Anda bisa langsung memasang kembali spool dan magnetnya.

Setelah mengetahui beberapa cara membersihkan spool motor, kini saatnya Anda mengaplikasikannya sendiri. Cukup mudah bukan? Namun jika tidak bisa melakukannya sendiri, maka Anda bisa langsung membawanya ke bengkel terdekat. (R10/HR-Online)