Cara Membersihkan Piston Motor Kerak Tanpa Harus Bongkar Mesin

Anda bisa melakukannya sendiri dengan trik yang tepat. Sebaiknya lakukan secara rutin untuk menjaga performanya. komponen sepeda motor cukup banyak, dengan fungsi yang berbeda-beda.

Namun, kesemuanya itu memerlukan perawatan yang rutin agar performa atau performa komponen tetap terjaga. Seperti halnya komponen lainnya, piston memiliki peran penting pada sepeda motor.

Peran komponen yang satu ini cukup vital dalam mekanisme mesin. Piston akan bergerak naik turun di dalam silinder untuk melakukan langkah hisap, pembakaran, kompresi, dan buang.

Baca juga: Cara Melepas Piston Kaliper Sepeda Motor Secara Mandiri dan Mudah

Peran utama dari komponen tersebut adalah untuk meneruskan gaya sentrifugal yang dihasilkan dari proses pembakaran. Sehingga proses pembakaran untuk memutar poros engkol bekerja dengan baik.

Dengan demikian sepeda motor dapat melaju karena engkol menggerakkan transmisi yang dihubungkan oleh rantai ke roda. Karena proses pembakaran yang berlangsung lama, membuat muncul kerak yang membandel.

Maka perlu cara membersihkan piston motor untuk menghilangkan kerak. Jika dibiarkan terlalu lama akan menurunkan kinerja piston itu sendiri.

Cara Membersihkan Piston Sepeda Motor dengan Aman

Piston merupakan salah satu komponen penting yang membantu kinerja kendaraan bekerja dengan baik. Karena fungsinya yang penting, tentunya Anda harus bisa melakukan perawatan dan pengecekan secara berkala.

Pastikan juga piston dapat bekerja secara maksimal. Komponen ini akan terkena kerak yang membandel karena kinerjanya yang terus menerus.

Saat piston motor Anda sudah berkerak, pastikan untuk segera membersihkannya. Caranya juga tidak sembarangan. Pastikan menggunakan cara yang aman dan benar-benar mampu membersihkan kerak yang membandel.

Jika piston bersih, ini membantu berkendara jauh lebih nyaman. Anda tidak perlu membawanya ke bengkel. Karena ada banyak cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri.

Baca Juga :  Baut Rivet Plastik Motor, Ada Trik Pembongkaran Khusus

Lebih menariknya lagi Anda tidak perlu membongkar mesin. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

Memeriksa Ruang Pembakaran

Cara membersihkan piston motor cukup sederhana. Anda bisa memulainya dengan memeriksa ruang bakar.

Anda tidak perlu membongkar bagian-bagian mesin. Karena lakukan pengecekan dengan melihatnya dari lubang mesin.

Namun ada perangkat kecil yang perlu Anda gunakan yaitu kamera kecil. Dengan perangkat tersebut membantu Anda lebih mudah melihat ruang bakar. Anda dapat memeriksa kotoran atau kerak yang menempel pada piston.

Baca juga: Ciri-ciri Piston Motor Rusak yang Mudah Dideteksi

Jika keraknya tidak terlalu banyak, Anda bisa melakukan langkah selanjutnya. Namun, jika kerak membandel dan menumpuk, sebaiknya bersihkan dengan cara membongkar mesin.

Gunakan Cairan Kondisioner Mesin

Sebenarnya kerak pada komponen sepeda motor memerlukan penanganan khusus. Anda bisa menggunakan cairan pembersih bertekanan.

Anda tinggal menyemprotkan kondisioner mesin melalui lubang besi.

Cairan khusus ini cukup mudah ditemukan karena banyak tersedia di toko-toko otomotif dan sejenisnya. Anda tinggal menyemprotkan pada piston yang berkerak.

Untuk penyemprotan tergantung banyaknya kerak yang menempel pada piston. Biarkan selama kurang lebih 5 menit untuk bereaksi sebagai cara yang baik untuk membersihkan piston motor.

Menyambungkan

Untuk cara membersihkan piston motor selanjutnya adalah dengan memasang busi. Pastikan busi terpasang dengan baik agar berfungsi optimal.

Sehingga listrik terhubung untuk menjalankan mesin. Jika busi sudah kotor, ada baiknya Anda menggantinya dengan busi yang baru.

Ada baiknya jika Anda memilih jenis busi iridium yang mampu menghasilkan pengapian yang optimal.

Menginjak Kick Starter

Sebaiknya aktifkan mesin dengan menginjak kick starter. Setelah 5 menit memasang busi, Anda harus menghidupkan motor dengan kick starter atau engkol. Buka gas untuk kompresi tinggi.

Baca Juga :  Ciri-ciri Motor Engine Mounting Rusak, Cek Ini Sebelum Kena Celaka!

Dengan cara ini, cairan dan kotoran menyembur keluar dari mesin. Suaranya akan keras dan keluar asap putih akibat pembakaran dan sisa-sisa cairan pembersih yang masih ada di ruang mesin.

Baca juga: Ukuran Piston Motor, Sesuaikan dengan Jenis Kendaraan

Jika kondisi ini terjadi, Anda tidak perlu panik. Lama kelamaan proses pembakaran akan kembali normal dan asap putih akan hilang dengan sendirinya.

Buka gas secara perlahan hingga proses pembersihan di ruang bakar bisa sempurna.

Cara membersihkan piston motor cukup sederhana, bahkan jika tidak terlalu parah tidak perlu dibongkar. Lakukan langkah yang benar sampai kerak pada piston benar-benar bersih. (R10/HR-Online)