Cara Cek Kabel Body Motor Rusak dengan Langkah-Langkah Berikut!

Cara memeriksa kabel body motor yang putus penting untuk kita ketahui bersama. Karena ini merupakan komponen penting untuk kita rawat.

Masalah kabel putus pasti pernah kita alami dan tentunya akan ada penyebab kenapa kabel bisa putus. Sehingga kabel tidak bisa lagi mengalirkan arus listrik, karena kabel sudah rusak atau bahkan putus.

Baca juga: Fungsi selang udara mesin cukup penting agar tidak lepas

Cara Cek Kabel Bodi Motor Rusak Paling Mudah dan Sederhana

Sebagai pengguna kendaraan roda dua, ada baiknya untuk memeriksa soket dan kabel listrik pada motor agar tidak putus.

Pasalnya, sambaran bisa terjadi karena stop kontak mulai kotor dan berkerak akibat air hujan.

Tidak hanya itu, kabel yang sudah terkelupas juga bisa membuat korsleting saat air merembes ke dalam. Mengingat sistem kelistrikan motor, jika kita tidak memeriksanya secara rutin, maka dapat menimbulkan masalah.

Jika kabel yang putus dapat terlihat dengan mudah dari luar, maka hal ini akan memudahkan kita untuk memperbaikinya.

Namun apa jadinya jika kabel yang putus tidak terlihat? Tentu sangat menyebalkan bukan? Jadi bagaimana mengatasinya?

Baca juga: Tabung Oli Rem Motor, Jangan Cuma Dipasang, Ini Cara Tepatnya

Pasang Kabel yang Rusak

Sebenarnya, Anda bisa memeriksa kabel bodi motor yang putus dengan menggunakan beberapa tips mudah. Jika kabel yang Anda gunakan adalah kabel tunggal dan intinya adalah satu, maka ini akan mudah diketahui.

Tetapi bagaimana jika kabel memiliki lebih dari satu inti? Karena kabel yang akan kita gunakan juga mengandung lebih dari satu inti di dalamnya dan bahkan ada yang memiliki dua inti kabel lebih.

Oleh karena itu, sebelumnya Anda harus bisa menentukan kabel mana yang benar-benar putus. Apakah hanya satu atau bahkan lebih dari satu yang rusak di dalamnya.

Baca Juga :  Honda NS125LA 2022 Pakai Sistem Pre-Order di China

Jika jarak ujung dan pangkal sangat dekat, dapat dilakukan dengan mengukur langsung menggunakan Multitester. Dengan memeriksa kabel bodi motor yang putus, maka akan diukur hambatan antara pangkal dan ujung kabel berwarna.

Baca juga: Cara Memperbaiki Starter Motor dengan Mengetahui Penyebabnya Berikut!

Gunakan AVOmeter

Avometer atau Ampere Volt dan Ohm Meter adalah alat yang dapat mengukur arus listrik, hambatan listrik, dan tegangan. Sehingga Anda bisa mengarahkan sakelar pemilih pada Voeter Anda, lebih tepatnya pada bagian pengukuran OHM.

Selanjutnya sediakan alat lain seperti jarum, peniti, peniti, atau penusuk lain yang menghantarkan listrik. Kemudian sambungkan salah satu jarum Avometer ke ujung kabel yang ingin diperiksa.

Kemudian ikat jarum lain dan sambungkan menggunakan jarum atau penusuk lain yang Anda gunakan. Jangan lupa untuk memeriksa bagian tengahnya terlebih dahulu.

Sedangkan penyebab kabel terkelupas adalah karena usia. Tapi bagaimana jika bagian dalamnya rusak? Oleh karena itu, Anda harus tahu cara memeriksa kabel bodi motor yang putus agar segera diperbaiki. (R10/HR-Online)