Cara Agar Kunci Motor Tidak Seret, Bisa Gunakan Cairan Ini! Simak!

Cara agar kunci motor tidak seret sangat penting untuk Anda ketahui, agar permasalahan seperti itu tidak terjadi pada diri Anda.

Memang banyak para pengguna kendaraan yang sering mengeluh hanya karena kunci kontak motornya mulai seret.

Sebab anak kunci ini juga akan sangat susah untuk masuk atau keluar padahal sebelumnya masih lancar.

Sehingga bisa membuatnya menjadi keras saat kita putar dan sebaiknya jangan biarkan kondisi terus seperti itu, karena jika dipaksa maka kunci bisa bengkok.

Baca Juga: Kunci Motor Hilang, Jangan Panik Lakukan Langkah Berikut Ini

Cara Agar Kunci Motor Tidak Seret yang Penting untuk Anda Ketahui

Musim hujan seperti sekarang ini membuat kendaraan sepeda motor kita menjadi basah saat sedang menggunakannya. Bahkan cuaca seperti ini bisa menjadi salah satu masalah serius untuk motor, akibat terkena air hujan.

Banyak masalah yang akan timbul akibat dari paparan air hujan, salah satunya adalah susah memutar kunci kontak motor.

Karena jika terlalu sering terkena air hujan, maka kunci kontak bisa sulit untuk diputar karena air tersebut bisa menimbulkan karat.

Lantas, bagaimana caranya agar kunci motor itu tidak seret dan berkarat? Ada beberapa langkah yang sangat penting untuk Anda ketahui.

Salah satunya adalah dengan menggunakan pelumas anti karat atau cairan penetran.

Baca Juga: Motor Tidak Bisa Dikunci Stang, Atasi dengan Tepat untuk Keamanan

Lakukan Cara Seperti Ini

Cara agar kunci motor tidak seret yang bisa Anda lakukan adalah dengan melumasinya menggunakan cairan penetran.

Ini merupakan salah satu cairan anti karat yang bisa Anda manfaatkan supaya kontak kunci menjadi tidak seret dan berkarat.

Untuk penggunaannya, maka Anda bisa mengaplikasikannya setelah kondisi motor sudah Anda cuci bersih. Supaya kunci kontak motor Anda tidak seret, maka lakukan pemberian cairan tersebut secara rutin dan berkala.

Baca Juga :  Honda PCX Electric Akan Hadir pada Tahun 2024, Update Info!

Apabila kendaraan tersebut jarang Anda gunakan, sebaiknya lumasi juga kunci kontak tersebut setiap 6 bulan sekali.

Akan tetapi, apabila motor sering Anda gunakan setiap hari, maka jangka waktu pemberian cairan anti karat itu harus Anda lakukan lebih sering.

Baca Juga: Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dengan Mudah dan Aman

Seberapa Penting Merawat Kunci Kontak?

Khusus untuk motor yang aktif alias sering Anda gunakan dan terkena air hujan, sebaiknya berikan pelumas selama 2 bulan sekali.

Gunakan cairan penetran seperti ini sebagai pelumasnya, karena ini juga bisa untuk membersihkan kotoran pada sela-sela rumah kunci.

Anda bisa melakukan penyemprotan ini beberapa kali sampai keluar masuknya anak kunci tidak seret lagi. Namun selain hanya dengan cairan penetran ini, Anda juga bisa menggunakan oli bekas ke lubang kunci.

Penting bagi Anda untuk merawat kunci kontak sepeda motor supaya tidak mudah berkarat. Karena jika sudah timbul karat, maka kunci akan seret dan membuatnya tidak optimal seperti sedia kala.

Sehingga cara agar kunci motor tidak seret adalah dengan merawatnya secara berkala. Serta pemberian pelumas dengan cairan tersebut bisa mencegah terjadinya karat dengan mudah. (R10/HR-Online)