Baut Rivet Plastik Motor, Ada Trik Pembongkaran Khusus

Baut keling plastik pada sepeda motor memiliki peran yang cukup penting. Anda perlu tahu trik membongkar bodi motor.

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang cukup mudah untuk dikendarai. Apalagi kini banyak perusahaan yang menghadirkan perangkat baru dengan berbagai tipe. Ini juga membantu orang untuk lebih mudah menggunakannya.

Dalam pemasangan eksterior sepeda motor, baut memiliki peran yang cukup penting. Salah satu yang cukup terkenal adalah baut keling. Baut memang memiliki sepasang mur untuk mendapatkan fungsinya.

Namun, ada juga jenis baut yang tidak dilengkapi mur. Namanya adalah baut paku keling plastik.

Baut jenis ini terbuat dari plastik, lebih kompak karena tidak ada pasangannya seperti baut pada umumnya.

Sebenarnya pemasangan baut rivet lebih praktis untuk mengunci dan mengikat plastik seperti fairing. Rivet yang terbuat dari plastik ABS memiliki tingkat kualitas yang baik. Jadi Anda tidak perlu meragukan kualitasnya.

Di masa lalu, baut paku keling banyak digunakan di mobil untuk mengikat plastik atau besi. Bahkan kini juga difungsikan untuk mengikat komponen eksterior sepeda motor.

Fungsinya juga tidak akan cocok untuk mengikat beban yang lebih tinggi. Keunggulan lainnya sederhana dan tidak berisik.

Baca juga: Warna Air Radiator Motor Tidak Mempengaruhi Kualitas, Ini Faktanya

Teknik Khusus untuk Membongkar Baut Keling Plastik

Pada sepeda motor tentunya banyak sekali jenis baut yang bisa Anda gunakan untuk merakit komponen. Baut dan kunci ini berguna untuk mengencangkan satu bagian atau komponen.

Seperti halnya ketika Anda ingin menghubungkan antara penutup tubuh sepeda motor. Perangkat ini terkait dengan penggunaan sekrup plus pelat pengunci di belakangnya.

Saat mengencangkannya, jangan terlalu kuat agar benang tidak tersangkut atau penutupnya putus. Karena tidak terlalu kuat, sering dijumpai jika baut memiliki desain yang unik.

Baca Juga :  Cara Mudah Membersihkan Spool Motor dengan Alat Ini

Biasanya baut paku keling akan muncul di cover depan bawah di belakang spatbor depan. Baut plastik ini tidak berfungsi sebagai pengunci.

Jika Anda masih penasaran, berikut ini cara membongkar baut keling yang bisa Anda ketahui. Simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Fitur Idling Stop System Baru pada Honda Matic, Memiliki Banyak Manfaat!

Cara Melepas Baut Keling

Biasanya, baut paku keling digunakan untuk mengencangkan komponen plastik. Hal ini terjadi karena baut rivet dapat mengunci material yang akan disematkan pada ring plastik.

Cara membongkar atau melepas baut rivet cukup mudah. Saat posisi baut sudah kendor anda bisa langsung mencongkel ring menggunakan kuku. Lepas semua baut, baik ring maupun bautnya.

Berbeda dengan jenis baut konvensional. Baut paku keling lebih praktis tanpa harus menggunakan obeng untuk membongkar atau memasangnya.

Cara Memasang Baut Keling Plastik Sepeda Motor

Selain cara bongkarnya cukup mudah, untuk pemasangannya juga lebih praktis. Anda cukup memposisikan baut dalam kondisi kendor dan memasukkan semuanya ke dalam lubang penutup.

Kemudian tekan kepala bautnya dan Anda tidak perlu lagi memutarnya, karena akan mengembang secara otomatis. Bila ingin mengencangkan baut bisa menggunakan baut dengan ukuran yang kecil.

Sebaiknya jangan menekan terlalu keras. Karena resiko yang bisa terjadi adalah kepala baut rusak karena hanya terbuat dari plastik.

Untuk itu, agar baut rivet plastik terpasang dengan baik, ikuti trik khusus. Sehingga tidak akan merusak salah satu komponen sepeda motor.

Alasan Menggunakan Baut Rivet pada Body Motor

Sebenarnya pada sepeda motor ada banyak sekali jenis baut yang fungsinya cukup penting. Kontinuitas antara satu komponen dengan komponen lainnya akan terlihat terutama pada bodi motor.

Baca Juga :  Penyebab Gas Motor Susah Turun dan Cara Mengatasinya

Salah satu baut yang saat ini bisa Anda gunakan untuk bodi motor adalah paku keling. Bahan yang terbuat dari plastik tentunya akan jauh lebih praktis dalam penggunaan. Bahkan pembongkaran dan pemasangan tidak memerlukan peralatan lain.

Anda cukup menggunakan paku atau obeng kecil. Karena bahannya terbuat dari plastik, prosesnya lebih mudah.

Karena alasan inilah sebagian besar perusahaan sepeda motor beralih menggunakan baut paku keling di berbagai bagian bodinya.

Bagi orang yang tidak tahu cara membongkar dan memasangnya tentu akan merepotkan. Namun setelah mengetahuinya, Anda akan merasakan betapa praktisnya menggunakan baut rivet plastik pada body sepeda motor. (R10/HR Online)