Aki Motor Listrik Punya Peran Penting, Begini Cara Merawatnya!

Baterai motor listrik merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting. Agar lebih awet harus selalu mendapat perawatan.

Mengingat ini merupakan komponen yang merupakan tempat menyimpan daya sehingga dapat menggerakkan dinamo listrik.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara yang tepat untuk merawat komponen tersebut. Tak perlu khawatir, karena ada banyak trik yang bisa Anda lakukan tanpa harus membawanya ke bengkel.

Baca juga: Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Ulang, Baca Sebelum Terlambat!

Aki Motor Listrik Memiliki Peran Yang Sangat Penting, Bagaimana Jika Rusak?

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa aki merupakan komponen penting pada kendaraan sepeda motor listrik. Tanpa baterai, kendaraan tidak dapat digunakan karena tidak memiliki daya.

Oleh karena itu, kita harus selalu merawat komponen yang satu ini agar tidak mudah rusak dan lebih awet. Saat ini Indonesia sendiri sudah memasuki era kendaraan listrik dan sudah merambah ke berbagai kota.

Selain itu, motor listrik juga lebih ramah lingkungan, bahkan biaya operasionalnya juga relatif terjangkau. Lalu bagaimana jika komponen baterai rusak?

Oleh karena itu, untuk mencegah kerusakan, ada baiknya jika Anda selalu merawatnya dengan baik.

Baca juga: Penyebab Bearing Motor Listrik Rusak Mengurangi Kinerja Komponen

Metode Pengisian

Untuk merawat baterai motor listrik, tips pertama adalah mengetahui cara mengisi baterai dengan benar.

Sebaiknya tidak menggunakan banyak daya. Meski sudah ada teknologi charging, artinya baterai akan dipaksa menyerap energi dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

Sehingga hal ini akan membuat aki motor Anda berpotensi lebih besar dan cepat lelah.

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan pengisian cepat, baterai dapat terisi penuh dalam waktu kurang lebih 1 jam, tetapi ini mengurangi kualitas baterai.

Baca Juga :  Cara Mengukur Ketegangan Rantai Motor yang Tepat dan Mudah

Gaya Berkendara

Pada dasarnya gaya berkendara juga dapat mempengaruhi performa aki sepeda motor. Kebiasaan bermain-main dengan gas dapat mengurangi umur dan kualitas baterai dalam menyimpan listrik atau daya.

Jika Anda lebih sering bermain gas, tingkat konsumsi baterai motor listrik juga akan lebih boros. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda terbiasa mengemudi secara teknis mengemudi ramah lingkungan.

Baca juga: Soket Listrik Motor untuk Pengisian Daya, Begini Cara Merawatnya!

Kebiasaan Mengisi Daya yang Benar

Sebaiknya biasakan untuk tidak menggunakan motor listrik ini hingga kapasitas daya benar-benar habis. Ada baiknya jika aki motor sudah di charge sebelum akhirnya habis, maka motor bisa crash.

Biasanya ini akan ditandai dengan indikator baterai berwarna merah. Pasalnya, jika habis sama sekali, baterai akan langsung drop dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi ulang.

Jika pengguna sering mengisi daya dari nol, maka baterai listrik ini akan mengurangi umurnya. Oleh karena itu, jangan lakukan pengisian ulang atau charging saat kapasitas baterai sudah benar-benar habis.

Setidaknya isi daya baterai saat kondisinya masih 25%. Akan lebih baik lagi jika kita mengisi ulang setiap kali kita selesai menggunakan motor.

Sedangkan jika kita tidak menggunakan motor dalam waktu lama, sebaiknya cabut saja baterai motor listriknya. karena dalam posisi standby, motor ini akan menyedot daya baterai meski terbilang kecil. (R10/HR-Online)