Suku Cadang Sepeda Motor Yang Tidak Boleh Dicuci dan Harus Diwaspadai

Penting bagi Anda untuk mengetahui bagian-bagian sepeda motor yang tidak boleh dicuci. Karena jika komponen terkena air, bisa berakibat buruk bagi kendaraan. Mencuci kendaraan roda dua merupakan kegiatan yang wajar.

Namun sayangnya, kebanyakan orang saat mencuci motor tidak memperhatikan bagian yang tidak boleh terkena air. Akibatnya, motor bisa langsung mogok dan sulit dihidupkan.

Baca juga: Fungsi Motor Riding Gear Mengurangi Risiko Cedera Selama Kecelakaan

Identifikasi Suku Cadang Motor yang Tidak Dapat Dicuci

Saat kendaraan kesayangan Anda mulai kotor, kebanyakan orang akan langsung membersihkannya dengan cara mencucinya. Pasalnya, mencuci motor sendiri juga akan menghemat biaya dan tidak begitu sulit.

Meski aktivitas ini cukup mudah, Anda juga perlu berhati-hati sebelum melakukannya.

Karena jika hanya dicuci saja berbahaya bagi kendaraan karena komponennya bisa rusak.

Ternyata ada bagian tertentu pada motor yang tidak boleh terkena air saat kita mencucinya. Jadi apa saja bagian-bagiannya? Ternyata itu adalah pilihannya.

Kabel listrik

Bagian pertama motor yang tidak boleh dicuci adalah kabel listrik. Memang kabel listrik ini terletak di bagian yang tidak mudah terkena air, karena sudah terdapat pembungkus yang cukup tebal.

Namun, jika pembungkus mulai sobek, maka saat mencuci motor komponen tersebut dapat terkena air.

Jika sudah terkena air kemungkinan besar akan membuat kabel menjadi pendek dan berakibat fatal nantinya.

Baca juga: Cara Mengganti Busi Mobil Sendiri di Rumah dengan Mudah Anti-Gagal

WHO

Baterainya sendiri memang berada di bagian yang tertutup rapat sehingga tidak mudah terkena air. Ingat juga bahwa baterai bisa rusak atau bahkan korsleting jika terkena air.

Bagian motor yang tidak boleh dicuci ini juga cukup penting untuk kamu perhatikan dan kamu perlu berhati-hati saat mencucinya. Jika bagian baterai ini terlihat kotor, maka Anda tinggal mengelapnya saja agar bagian tersebut bersih.

Baca Juga :  Honda Genio Facelift 2022, Hadirkan Update Terkini

busi

Meski tertutup, ternyata bagian busi motor ini juga bisa terkena air saat kita mencuci motor. Tutup busi adalah bagian yang akan menghubungkan kabel busi dan busi.

Jika ada air yang masuk akan membuat busi tidak bisa menyala dan menghambat proses umur mesin.

Baca juga: Cara Mengembalikan Warna Motor Yang Luntur, Mudah Tanpa Biaya Mahal

Bagasi

Pada dasarnya bagasi naik turun jok juga bersebelahan dengan tutup dan tangki bensin motor. Jika bagian ini terkena air, kemungkinan besar air bisa merembes ke sela-sela penutup bensin tadi.

Jika ada celah yang mulai terbuka hingga air merembes ke tangki bensin, maka masalah akan langsung muncul.

Hal ini karena air yang masuk ke tangki bahan bakar dapat mempengaruhi kinerja pembakaran mesin dan berdampak buruk.

Setelah Anda mengetahui beberapa bagian sepeda motor yang tidak boleh dicuci, kini Anda harus lebih waspada dan berhati-hati. Hindari bagian-bagian tersebut agar kondisi motor Anda tetap awet dan tidak mudah rusak. (R10/HR-Online)