Aki Motor Tidak Mau Ngecas, Simak Beberapa Penyebab dan Cara Atasi!

Aki motor tidak mau ngecas memang seringkali terjadi pada sebagian besar pengguna, mungkin termasuk Anda, sehingga ini sangat menjengkelkan.

Akan ada banyak penyebab mengapa aki motor ini tidak mengisi, padahal fungsinya adalah untuk menyimpan tenaga listrik.

Efek buruk dari aki yang sudah soak antara lain seperti sulit untuk menghidupkan mesin dan lampu sein tidak lagi berkedip. Meski demikian, jangan langsung untuk mengganti aki, ada baiknya jika mengetahui beberapa penyebabnya.

Baca Juga: Penyebab Starter Motor Lemah Ternyata Bukan Hanya Karena Aki Saja

Aki Motor Tidak Mau Ngecas? Jangan Langsung Panik! Simak Ulasan Berikut Ini!

Seperti yang kita ketahui, bahwa kelistrikan pada motor termasuk kelistrikan bodi akan berkaitan erat dengan aki. Jadi aki sendiri juga memiliki dua fungsi, pertama untuk menampung daya listrik dan yang kedua untuk menyuplai daya listrik.

Akan tetapi, sebelum daya listrik itu masuk ke aki, maka daya listrik akan diarahkan dahulu pada bagian kiprok-nya.

Bahkan aki pun juga seringkali memiliki masalah. Sebut saja tekor dan apabila ini sudah terjadi, maka kita harus segera mengisi ulang daya.

Maka mau tidak mau aki tersebut harus segera di cas ulang dengan menggunakan charger eksternal.

Namun masalahnya adalah tidak mengisi, tentunya hal seperti ini akan membuat pengguna merasa kesal. Tapi jangan langsung panik!

Baca Juga: Penyebab Aki Motor Overcharge yang Paling Umum, Ini Penjelasannya!

Penyebab Aki Tidak Berfungsi

Salah satu penyebab mengapa aki motor tidak mau ngecas yang pertama adalah karena komponen kiprok sudah mulai rusak. Padahal kiprok ini berfungsi sebagai menyesuaikan besar kecilnya tegangan listrik dan harus memiliki proporsi yang pas.

Baca Juga :  MV Agusta F4 Claudio Castiglioni Raih Atensi Publik dari Harga Fantastis

Jika terlalu besar maka aki akan menggelembung dan jika terlalu rendah, akan membuat aki kekurangan setrum dan bisa jadi rusak. Apabila aki sudah tekor parah ada baiknya langsung melakukan penggantian.

Tidak hanya itu saja, melainkan spul yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab utamanya.

Pasalnya spul ini adalah komponen yang berfungsi untuk menghasilkan listrik melalui magnet. Jika sudah bermasalah, maka aliran listrik ke komponen aki akan jadi tersendat.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Mengatasi?

Akan ada banyak cara untuk mengatasi aki motor tidak mau ngecas yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Namun kali ini akan lebih berfokus pada charger aki portable atau otomatis, yang tak bisa melakukan pengecasan pada aki yang kekurangan setrum.

Langkah yang pertama pastikan dulu bahwa aki itu sudah terhubung pada motor dan pastikan pula sistem pengisiannya masih normal. Kemudian nyalakan mesin kendaraan, lalu biarkan aki terisi selama beberapa saat.

Selanjutnya gunakan charger otomatis pada aki kemudian biarkan aki langsung terisi sampai penuh. Penting Anda ingat, bahwa cara ini hanya bisa berhasil pada jenis aki yang selnya tidak rusak.

Baca Juga: Motor Susah Distarter Walaupun Aki Baru, Simak Beberapa Penyebabnya!

Namun penting juga bagi Anda untuk mengecek bagaimana kondisi kiprok, sebab ini akan bekerja dengan cara mengubah arus 2 arah.

Hal ini harus Anda lakukan, sebab arus listrik yang masuk ke aki harus berada dalam keadaan DC.

Jika aki motor tidak mau ngecas lagi, maka Anda bisa mengetahui beberapa penyebab tadi dan cara mengatasinya. Cukup mudah bukan? (R10/HR-Online)